22 November 2013

# curcol # friend

About My Classmate, Ilmu Komputer 2012

Selamat malam, selamat menikmati malam sabtu, dan yang terpenting selamat datang WEEKEND!!! Yeah, setelah berkutat  tanpa henti dengan dunia perkuliahan selama 4 hari ini, akhirnya hari yang selalu ditunggu datang juga. apalagi kalo jumat malam. Hihihi*senyum miris*

Malam ini gue cuma pengen cerita tentang perkuliahan yang sudah hampir satu setengah tahun gue jalani. Rasanya gue jarang banget cerita tentang dunia pendidikan di kampus. Oke, gue bakal cerita banyak tentang kampus Unila lebih khususnya jurusan gue yang terletak di FMIPA. FMIPA sendiri terletak di jalan utama jika memasuki kampus Unila.

Fakultas yang penuh dengan pohon rindang kian menemani prosen belajar gue selama disini. Yak, FMIPA dikenal dengan fakultas yang paling banyak pohonnya dan juga sampahnya *ups*. Nah, guenya berada di jurusan Ilmu Komputer. Disini Ilkomp masih di bawah naungan FMIPA. Kita sih kepengennya ada fakultas sendiri, tapi mau gimana lagi kita hanya mahasiswa biasa. Hufft *tarik napas* *langsung nyanyi bukan mahasiswa biasa*

Kemarin sih ada dosen yang bilang, kalo jurusan Ilmu Komputer di Unila itu sebenernya bernama "Sistem Komputer" tapi karena gak mau pindah ke fakultas teknik yang serem itu jadinya di pertahanin deh itu nama, biar Ilkomp tetap di fakultasnya para akhi dan ukhti :D *Kaifa haluk ya ukhti?*

Tapi tetep aja kalo cari di pusat dikti jurusan gue gak terdaftar *sedih*. Karena terdaftarnya ya itu tadi, siskom. Jadi walopun gue di Ilkomp yang mempelajari setengah software dan setengahnya lagi hardware ini, gue masih harus banyak mencari ilmu diluar kuliah. 

Karena memang nanti jika gue sudah mendapat gelar S.Kom, gue bakal dituntut bisa di semua bidang yang berhubungan dengan komputer. Gak mau tau kalo gue gak pernah mempelajarinya sewaktu kuliah karena di Ilkomp belajarnya gak mendetil alias setengah-setengah, jadi gue rasa gue butuh usaha lebih buat menjadi sarjana komputer. Hemm,

Nah, postingan kali ini sebenarnya gue pengen cerita tentang kelakuan temen-temen Ilkomp angkatan gue yakni angkatan 2012 selama kurang lebih satu setengah tahun ini. Gue bakal cerita tentang sifat, kelakuan, ato mungkin kegiatan sehari-hari dari temen-temen Ilkomp12 di kampus:) Check it out!

Pertama, kita ilkomp'12 tak bisa lepas dari yang namanya komputer ato lebih tepatnya laptop beserta jajarannya seperti charger, terminal dan jenis kabel-kabel lainnya. Setiap ke kampus kita selalu menenteng yang namanya laptop. Benda yang berbentuk persegi panjang ini seakan menjadi pedang untuk kami dalam bertempur menaklukkan program yang begitu ganasnya menyerang. Yeah, kalo gak ada laptop selama kuliah berlangsung itu seakan kami akan merasakan kekalahan dalam bertempur. Hahaha lebay yak, tapi nyata kok.

Selanjutnya, mengenai sesuatu yang bisa dibilang menjadi musuh oleh anak ilkomp itu adalah program. Ya, program yang sering gue singgung di postingan sebelumnya. Program atau sering disebut dengan aktivitas koding ini sudah menjadi makanan sehari-hari untuk kami, si pencari gelar S.Kom. Namun tahukah kalian, betapa sulitnya memahami sebuah program di sebuah bahasa pemrograman itu? Ah tak bisa gue jelaskan dengan kata-kata.

Setiap ada mata kuliah yang berhubungan dengan pemrograman kelas kita akan selalu dalam keadaan hening. Banyak kegiatan yang dilakukan dikala situasi hening tersebut. Ada yang sibuk dengan laptopnya, mengotak-atik program yang entah kenapa bisa eror--padahal sudah mencontoh program yang diketik oleh sang dosen di depan. Ada juga yang dengan indahnya memanfaatkan fasilitas wifi gratis dengan mendownload berbagai macam file seperti film atau hanya sekedar membuka fb dan twitter.

Selain itu ada juga yang memperhatikan bapaknya menulis alias melongo karena tak ada laptop yang akan diketikkan program didalamnya. Alhasil dia hanya diam dan akhirnyaaa..... tertidur. Oh. Namun ada juga yang ternyata diam-diam malah nonton dengan volume laptop yang di silent-kan sedangkan dosennya masih asik dengan programnya. What, Nonton? Iyeee, nonton pilem. *miris*

Karena memang begitulah kelakuan kita anak ilkomp. Si pencari nilai. HAHAHA. Kalo di mata kuliah pemrograman kita sudah terbiasa bergantung pada sang dewa. Dewa maksud disini adalah pakar dari segala jenis pemrograman yang begitu banyaknya. Kalo ada tugas pemrograman biasanya sih kalo udah mentok gak tau lagi apa yang mau ditulis kita eh gue maksuknya, bakal pasrah--pasrah buat copy paste maksudnya :D

Kami udah biasa dengan deadline tugas yang begitu cepat. Kami juga sudah biasa berinteraksi dengan situs online tempat penyimpanan segala tugas yang di upload. Mungkin bisa dikatakan web yang paling sering dikunjungi anak ilkomp buka ya itu, situs k*l*n. Tempat tugas bersarang dan menuntut untuk segera di upload. Hehe.

Dalam mengirim tugas kebanyakan dari kita kalo udah kepepet bakalan ngirim ngasal ke situs itu, karena motto kami yang penting ngirim dulu, isi udah gak penting lagi. Bahkan ada yang lupa mengedit program temennya, sehingganya masih ada nama temennya itu di program yang telah dikirimnya. Alamak!!!

Kelakuan anak ilkomp selanjutnya itu adalah males nyatet. Yak, ini berlaku buat oknum tertentu aja sih, masih banyak juga kok yang rajin. Biasanya sih, kite-kite yang males nyatet ini bakal tenang kok jika nanti ada ujian. Karena di ilkomp'12 ini kita punya temen yang rajin banget nyatet dan tulisannya juga rapi. Jika ada ujian, temen-yang-rajin-nyatet-itu bakal diserbu oleh kite-kite. Tujuannya cuma satu mengicar catetannya buat dikopi. Hahaha.

Dibalik begitu banyaknya kelakuan buruk anak ilkomp ini semuanya berusaha untuk gue sayang kok. Mulai dari fasilitasnya yang memang tidak memadai dan kampus yang bisa dibilang sampahnya berserakan. Gue akan mencoba buat nerima semuanya kok. Karena ini memang sudah menjadi bagian dari diri gue, hidup gue, jadi gue harus bisa mencintai ini semua, termasuk mencintai kekurangannya. Iye gak sob?

Masa depan gue disini, di Ilmu Komputer Unila. Mau tak mau gue akan berada disini selama 3 tahun mendatang, demi meraih sebuah titel sarjana, gue akan bertahan. #Tsaaaaah.

Berikut beberapa foto gue bareng anak ilkomp12 :)







Hehehe. Itu sekelumit foto dari mulai yang jadul hingga terbaru. Oke, mungkin cuma itu yang bisa gue share untuk malem ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya~ Keep in touch, guys :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)