13 April 2014

# kontes

Mulailah Menghargai Karya Orang Lain!


Hai semua, gimana kabarnya di hari minggu ini? Refreshing kemana nih? Atau di rumah aja? Jangan bete kalo weekend kali ini just stay at home. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan walaupun hanya di rumah. Contohnya ya baca postingan ini. Percaya?

Langsung ke topik!


Pada kenal pastikan dengan istilah copas, alias copy-paste. Anak SD aja mungkin udah ngerti bagaimana cara meng-copy dan mem-paste. Klik kanan copy dan klik kanan paste. Atau lebih mudahnya dengan ctrl+c kemudian ctrl+v. Everybody knows that lah ya.

Memang tidak ada yang salah dengan aktivitas tersebut. Semua orang berhak  meng-copy apapun sesuka hatinya, asal ia mencantumkan sumber dari penulis aslinya. Misalnya ada tugas makalah dari dosen.

Kita boleh saja mencomot referensi dari internet yang dirasa perlu untuk melengkapi isi makalah. Tapi jangan sampai lupa mencantumkan sumber alamat webnya di daftar pustaka.

Begitu pula halnya di dalam dunia per-blogger-an. Setiap blogger tentu punya perjuangan tersendiri ketika berhasil menerbitkan suatu postingan. Apalagi jika postingan itu tentang tutorial yang disertai lengkap dengan screenshotnya. Bayangkan, perjuangan yang telah dilakukan si blogger untuk menghasilkan postingan yang bagus dan sangat membantu para pembaca. 

Dan itu dengan semena-mena dicopy oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan tidak mencantumkan sumber asli dari postingan tersebut. Siapa yang gak bakalan marah kalo hasil jerih payahnya diambil begitu saja dan diakui menjadi milik orang lain?

Dilansir dari blognya Andre, bagi siapapun kamu yang mengetahui adanya oknum yang  meng-copas apapun yang tidak pada tempatnya, bisa melaporkan oknum tersebut ke web DMCA Goole di alamat : http://www.google.com/dmca.html.

Hukum tentang cybercrime memang harus tegas bertindak. Aktivitas copas di Indonesia sudah merajalela. Jika tidak ada aturan, si oknum akan terus melakukan kejahatan ini. Aktivitas copas ini memang sering diremehkan oleh pengguna koneksi internet, padahal perbuatan copy-paste tanpa izin ini termasuk cikal bakal dari perbuatan mencuri. Jika diteruskan, sang oknum bisa menjadi koruptor besar di bidang cybercrime.

Jadi marilah kita memulai untuk belajar saling menghargai. Mari kita sama-sama menghargai hasil jerih payah orang lain. Setiap orang pasti mempunyai potensi sendiri untuk menciptakan suatu karya. Semua blogger tentu bisa menulis sesuatu yang bermanfaat tanpa harus menciplak karya orang lain.

Jika di dunia maya saja kita sudah sering mencuri hasil karya lain, bagaimana halnya di dunia nyata? Bisa jadi kita akan menjadi seorang penipu, pembohong atau pencuri kelas kakap karena kebiasaan yang dilakukan di dunia maya.

Maka mulailah dari sekarang kitablogger Indonesiamenjauhi dan menghindari aktivitas copas yang tidak bertanggung jawab. Belajarlah untuk menghasilkan karya sendiri. Yakinlah itu akan lebih membanggakan dibanding harus mengambil karya orang lain.

#SAYNO2COPAS!!!

Hidup Blogger Indonesia!!!
#SayNo2Copas!!!

###

Oya, sebelum gue mengakhiri postingan ini, gue pengen cerita dikit nih. :D

Jadi gini, blog gue ini kan udah mau masuk umur 3 tahun kan ya, dan like you look alamat blog gue masih make embel-embel 'blogspot' di belakangnya. Jujur, dari dulu gue kepengen banget punya domain sendiri. Pasti bangga banget rasanya kalo seandainya lo punya rumah dan itu milik sendiri.

Keinginan memiliki domain .com udah dari lama pengen gue wujudin. Tapi sampe sekarang belum juga terealisasikan karena gue gak ngerti cara belinya. Padahal gue pengen banget punya nama domain sendiri : pujaputri.com. #wish

Di suatu malam gue ngebaca postingan dari benakribo yang membahas tentang cara membuat domain dotcom. Di postingan tersebut, benakribo membahas dengan rinci tahap demi tahap dalam proses pembelian domain di qwords.com.

Dari sanalah asal pertama gue tau kalo ada tempat beli domain yang keren. Teruji dengan server yang jarang down, harga murah, dan merupakan tempat Web Hosting Indonesia terbaik yang pernah ada.

Sewaktu gue udah berniat untuk membeli domain di QWORDS, secara gak sengaja gue baca ada info lomba blog yang berhadiah domain gratis dari QWORDS, dengan gak mikir-mikir panjang, gue langsung ikutan. Apalagi temanya "Berantas Blogger Copas", wow banget untuk dibahas.

Semoga aja ada hasil dari postingan kali ini, setidaknya bisa menumbuhkan kesadaran bagi blogger yang ngebaca postingan ini. :) #SalamBlogger.


Lomba Blog by : andre.web.id

15 komentar:

  1. UU yang keluar malah lebih membungkam kebebasan berekspresi. UU ITE: Pasal 27 ayat 3

    BalasHapus
  2. Orang yang copas sebenernya pengin diakui, tapi ya caranya salah hahaha.

    BalasHapus
  3. setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu...
    makanya blogger sekarang harus bisa merubah itu semua :)


    koment balik ya ?
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget!
      Hidup Blogger Indonesia! :D

      Hapus
  4. Mari doakan agar blogger copas segera kembali ke jalan yang lurus. Jalan tol.

    BalasHapus
  5. sampai salah satu creator template indonesia bilang "menjadi blogger itu harus idealis, enggak boleh ikut-ikutan copas", akhirnya emang lebih punya taste kalo nulis sendiri... :)

    follback.. :D

    BalasHapus
  6. klo tulisan copas itu biasanya ga asik dikomenin, soalnya empunya blog ga paham2 amat ama yang dicopasnya

    BalasHapus
  7. Nasib para copaster itu menyedihkan.. mereka gagal kreatif :D

    BalasHapus
  8. Nyesek memang mbak.. udah ngetik.. meres otak.. jungkir balik.. dan di copas dengan entengnya tanpa memcantumkan sumber..
    #curcol.
    Main ke blog ku mbak..

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)