11 Februari 2014

# kontes # review

Mari Mengenal Kampung Fiksi Lebih Dekat!

Siapa yang tak kenal buku-buku karya Habiburrahman El-Shirazy atau yang lebih dikenal dengan kang abik ini? Hampir dari semua karya fiksi yang dihasilkannya selalu mempunyai daya tarik yang sangat kuat bagi para pembaca setianya. 

Ciri khas yang unik dari beliau yaitu berdakwah melalui tulisan yang dikemas dengan bahasa yang rapi dan lugas membuat karya kang abik patut diacungi jempol. Tak jarang para penggemar fiksi sangat menantikan karya terbaru dari penulis hebat ini.

Tak hanya kang abik, para penulis fiksi hebat lain seperti Andrea Hirata, Ahmad Fuadi, Dwi 'Dee' Lestari juga mempunyai magnet yang tinggi dalam memperkuat daya tarik industri penulisan fiksi di Indonesia. Gaya penuturan yang berbeda dan tentunya sangat khas dari setiap penulis tetap mampu menyihir ribuan pembaca di tanah air.

Beberapa tokoh yang saya sebutkan ini merupakan bukti nyata dari beberapa penulis fiksi sukses di tanah air. Terbukti dari beberapa buku yang mereka tulis sudah dirilis menjadi sebuah film yang sangat bermanfaat untuk rakyat Indonesia.

Hal ini menjadi bukti dari sebuah eksistensi dari seorang penulis fiksi itu sangatlah baik dan terpandang. Para perangkai kata ataupun penebar imajinasi di negeri ini sangatlah dihormati dan dihargai. Tak jarang pekerjaan impian menjadi seorang penulis sangatlah diminati oleh orang-orang yang memang menyukai dunia fiksi, termasuk saya sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan tempat yang cocok buat kalian pecinta fiksi untuk bisa belajar fiksi bersama-sama. Ada sebuah komunitas pecinta fiksi yang menurut saya, K-E-R-E-N banget, yaitu 'Kampung Fiksi'. Yeah, udah pada tau belom keberadaan komunitas ini?


Kalau belum, izinkan saya untuk mengenalkannya pada kalian semua. Check it out, ya :)

Kampung Fiksi (KF) atau yang disebut juga dengan Fictionholic Society merupakan tempat berkumpulnya para pecinta fiksi dan juga tempat belajar bersama mengenai dunia fiction. Komunitas ini sudah didirikan sejak tanggal 1 Februari 2011, yang berarti sudah tiga tahun komunitas ini berjalan.

Tentunya di usianya yang ketiga tahun ini sudah banyak pengalaman yang telah didapatkan KF. Menjadi komunitas yang sudah banyak dikenal orang tentunya menjadi suatu penghargaan yang luar biasa untuk para anggota terutama bagi para admin komunitas ini. Hal ini terbukti dengan follower dari @KampungFiksi sudah mencapai 3000 orang. Buanyak juga ya?

Selain itu, baru-baru ini KF juga telah melebarkan sayapnya ke tingkat nasional yaitu dengan diliputnya komunitas ini oleh koran nasional Sindo. Tahun kemarin KF juga pernah muncul di Liputan6, nih buktinya -> klik. Waw, keren banget ya. Berarti KF sudah semakin dikenal masyarakat luas ya. Maju terus KF :9

Pada narsis-narsis, ye :3

Oiya pada penasaran gak, siapa aja sih orang-orang dibalik layar dari komunitas tercinta ini?

Di cek aja blog ataupun twitternya, biar bisa lebih kenal gituh. Kalau mau nanya-nanya juga boleh kok, iye kan kakak-kakak admin?:D

Selanjutnya, saya akan memberitahukan pada kalian, apa aja sih pelayanan yang ada di KF?  
Berikut ada pelayanan khusus bagi penulis/penulisan fiksi :

1. Copy Editing  merupakan koreksi aksara (typos), koreksi kalimat, pemilihan diksi, ejaan dengan syarat naskah sudah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD).
2. Developmental Editing dan Substantive Editing merupakan pelayanan pengembangan ide dan konsep (Developmental) dan Pelayanan edit konten (Substantive) sesuai dengan perjanjian & kesepakatan antara Kampung Fiksi dan klien.
4. Mengurus ISBN

Untuk informasi biaya dll. kalian dapat kirim email ke kampungfiksi@gmail.com dengan subyek yang sesuai pelayanan yang diinginkan. Gimana, ketjeh kan? B-)

Next, mungkin kalian juga pengen tau, apa aja sih kegiatan yang diadakan komunitas ini? Let me explain it.

Berikut kegiatan yang ada di Kampung Fiksi :

1. Remake/Rewrite Cerpen/First Page

Remake/Rewrite ini terbuka untuk siapa saja, baik admin Kampung Fiksi sendiri maupun mereka yang ingin menyumbangkan cerpen atau first page-nya dan rela untuk di-remake/rewrite oleh siapapun yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik disini.

2. Book Travelling Campaign

Tujuan dari kegiatan ini intinya adalah berbagi. Caranya yaitu dengan mengirimkan satu buku secara berantai kepada teman-teman kalian. Setiap orang yang telah membaca buku dalam program ini akan menuliskan catatannya kolom yang sudah disediakan di halaman terakhir buku. Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik disini.

3. Group Travelling Campaign

Merupakan tempat atau wadah dari kegiatan nomor 2. Jika kalian tertarik untuk meminjam atau meminjamkan buku bisa bergabung di grup tertutup facebooknya, disini.

4. Grup J50K: 31 Hari, 50.000 Kata

J50K adalah kegiatan tahunan pada bulan Januari yang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menulis fiksi, baik itu berbentuk NOVEL/Kumcer/Cerita, minimal sebanyak 50.000 kata yang ditulis selama 31 hari penuh. Grup fbnya ada juga loh, nih disini. Atau lebih lengkapnya bisa klik ini.

Selain ke-empat kegiatan diatas, KF juga sering mengadakan workshop dan lomba menulis untuk para anggotanya. Hal ini bertujuan untuk mengupas kreativitas anggota agar bisa mengekplor kemampuan yang mereka miliki. Sehingga dengan adanya workshop dan lomba diharapkan para anggota bisa mempunyai tulisan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Gimana? Sejauh ini KF sudah menjadi komunitas pilihanmu belum? Dengan segala hal-hal keren yang dipunya KF, pastinya kalian tertarik donk untuk bergabung di komunitas kece ini. Oiya, hampir lupa, sebuah penghargaan juga pernah diterima KF nih, yaitu meraih penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) pada tahun 2012. Wah, kerennya jadi berlipat-lipat ya B-)


Nah, sekarang jika kalian sudah mulai tertarik untuk mengikuti komunitas ini langsung aja hubungi pihak-pihak terkait, seperti para admin yang saya sebutkan diatas. Dan bisa juga kunjungi website kampungfiksi.com, fanspage Kampung Fiksi atau ke twitter Kampung Fiksi. Believe me, gak bakalan rugi kok jika kalian pengen gabung disini.

Di samping semua itu, yang terpenting dari sebuah proses belajar adalah konsistensi dari diri sendiri. Konsisten atau tetap pada pendirian untuk mau terus belajar dan belajar hingga kalian bisa menghasilkan sebuah karya terbaik yang dapat diterima oleh masyarakat luas.

Dengan me-share tulisan yang telah kalian tulis kepada orang lain cukup menjadi nilai tolak ukur bagi diri kalian sendiri untuk memperbaiki kesalahan dalam tulisan. Salah satunya ya kepada komunitas ini, di Kampung Fiksi kalian bisa saling share apapun mengenai tulisan fiksi.

Berbagilah disini, maka kalian akan mendapatkan banyak pelajaran berharga dan tentunya berguna untuk perjalanan tulisan kalian ke depannya. :)

So, tunggu apalagi? Mari kita sama-sama bergabung di KF! Komunitas keren bagi para pecinta fiction :))

Do the WRITE things, WRITE away! 
Selamat Ulang tahun yang ke-3 KampungFiksi, wish Allah always bless us. Sukses selalu!:)

"Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable."

36 komentar:

  1. keren banget ya Kampung Fiksi ini, saya nyesel baru mengenal sekarang

    BalasHapus
  2. Saya pembaca blognya Kampung Fiksi :)

    BalasHapus
  3. entah kenapa yaa aq kok kurang greget gitu kalau nulis fiksi...

    BalasHapus
  4. sukses ya buat lombanya, salam blogger

    BalasHapus
  5. keren banget info tentang nulis fiksinya, pengen sih bisa nulis fiksi cuma bingung mau mulainya
    tetap semangat :D
    mampir ya
    http://sirajuddinabraham.wordpress.com :3

    BalasHapus
  6. sip, kesempatan untuk turus belajar menulis....

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. hai,, hai,, hai,,, keren banget,,, lanjutkan !

    Yang berkenan, silahkan visit me, okeh? di tunggu... :)
    http://aidamaruf.blogspot.com/2014/02/kampung-fiksi-belajar-dari-pengalaman.html

    BalasHapus
  9. Oh, yang saya tahu baru Komunitas Menulis yang diampu oleh Asma Nadia. Hehehe. Terima kasih rekomendasi yang lengkap :)
    Sebentar lagi main nih ke blognya KF hehehe

    BalasHapus
  10. mantab infonya.. terimakasih ya :)

    BalasHapus
  11. wuidih... makin banyak ya komunitas menulis di Indonesia

    BalasHapus
  12. Menulis itu memang asik. banyak para pesukses berawal dari menulis.
    terus menulis. keep istiqomah

    BalasHapus
  13. lengkaaap... sukses yaa lombanya

    BalasHapus
  14. bagus :) baru tau deh ada kampung fiksi ini

    BalasHapus
  15. Sukses buat lombanya ya..sekian banyak komunitas fiksi..baru2 ini kenal kampung fiksi,,jadi belum bisa ikut review-nya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, syg banget ya :(
      Tetep semangat!

      Hapus
  16. Baru tahu. Kayaknya belum bisa ikut dulu. Sukses yaa.

    BalasHapus
  17. http://citcatcet.blogspot.com/2014/02/lebih-dekat-lebih-akrab-dengan-kampung.html

    BalasHapus
  18. sukses mbak GA nya.. behhh infonya sangat lengkap tentang kampung fiksi. :)

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)