13 Januari 2014

# kontes # review

Kuliner Padang memang Tiada Tandingannya

Indonesia dikenal dengan berbagai kuliner yang beragam. Mulai dari sabang hingga merauke, keragaman rasa dan selera menjadi suatu daya tarik tersendiri jika seseorang hendak mengunjungi suatu daerah. Ya, tak afdal rasanya jika kita pergi ke yogyakarta namun tak mencicipi makanan atau minuman khas kota itu sendiri.

Nah, pada postingan kali ini saya ingin menceritakan kuliner dari tempat saya berasal. Tempat yang begitu terkenal dengan berbagai macam makanannya yang begitu pedas. Ya, dari mana lagi kalau bukan dari tanah minangkabau, Padang, Sumatera barat.

Negeri yang begitu indah dengan panorama yang aduhai ini mempunyai kuliner yang sangat terkenal se-Indonesia bahkan di dunia. Di dunia? Ya, dunia sudah menetapkan bahwa rendang menduduki posisi pertama dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN internasional. Betapa bangganya kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai prestasi yang membanggakan ini.

Oke, back to topic awal. Saya akan memperkenalkan pada kalian semua dengan berbagai macam jenis makanan yang biasanya ada di rumah makan padang. Berbicara mengenai rumah makan padang, tentunya udah gak asing lagi kan? Sebaimana yang kita ketahui bahwa rumah makan padang ada di seluruh penjuru di Indonesia. Kok bisa? Gue juga gak tahu, mungkin karena kebiasaan orang minang yang suka merantau yang menyebabkan mereka membuka usaha rumah makan dimana-mana.

Sebagai pembukaan saya bakal ngasih gambar yang mungkin tak asing lagi bagi kalian yang pernah atau sering mampir ke rumah makan. Cara seorang pelayan rumah makan padang dalam membawakan piring yang begitu banyaknya menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi beberapa orang yang jarang melihatnya. Rasa takutpun menjalar badan kita jika seandainya suatu saat piring itu jatuh semua.

Tapi jangan takut, pelayan yang membawakan piring sebanyak ini sudah terlatih kok, jadi gak usah khawatir ya :-) hehe.

Pelayan Rumah Makan Padang

Langsung saja, saya akan memperkenalkan beberapa makanan khas yang sangat banyak digemari pecinta makanan padang. Check it out!

Dimulai dari beberapa jenis gulai yang cukup terkenal dan lezat tentunya...

1. Gulai Pucuk Ubi
Merupakan gulai yang terbuat dari daun singkong. Mempunyai rasa yang luar biasa enaknya. Dengan kuah yang begitu sedap. Cocok dimakan menggunakan nasi.


2. Gulai Tunjang
Biasanya digemari kaum bapak. Tapi tak menutup kemungkinan kaum juga menyukai makanan ini.


3. Gulai  Cancang
Terbuat dari daging, tapi lebih kenyal. Rasanya jangan ditanya. Muantap abis. Apalagi kalau makannya dengan kerupuk plus es teh :D


Hmmm, jangan sampe ileran yaa. Hihihi.

Nah, segala jenis gulai itu semua mengandung santan loh. Jadi jangan kebanyakan makan gulai, takutnya kan kolesterolnya naik. Hehehe.
Lanjut....

Untuk berikutnya saya akan memperkenalnya berbagai lauk yang tentunya juga gak kalah nikmat... Hmmm, nyummy...

1. Ayam Goreng (Khas Minang)
Ayam yang ini berbeda dengan ayam kebanyakan. Tekstur ayamnya yang gurih diluar serta lembut di dalam membuat penikmat menjadi begitu dimanjakan. Ditambah dengan butiran rebuk ayam yang ada ditebarkan disekitarnya.



2. Ikan Belut
Menjadi makanan kegemaran tersendiri, karena ikan ini mempunyai tekstur yang guruh dengan cabai yang luar biasa pedasnya.


3. Ikan asam padeh
Ikan ini merupakan ikan yang jarang ditemui di rumah makan padang diluar sumatera barat. Masih ada mungkin, tapi hanya beberapa saja. Campuran asam dengan pedas menyatu menjadikan ikan tersebut memiliki rasa yang tak tergambarkan.

Nah kan pada ngiler, tahan dulu sob :D
Masih ada beberapa gambar lagi yang bakal saya share. Jadi tetep lanjut baca sampe bawah ya...

Selanjutnya, saya akan memberi tahu makanan yang telah mendunia, apa lagi kalau bukan... RENDANG!!! Yeahhh... Makanan yang terbuat dari daging disertai dengan bumbu khasnya ini mempunyai kenikmatan yang tiada tara. Bahkan duniapun mengakuinya. Two thumbs guys!


Pastinya sudah pada gak asing lagi sama makanan yang satu ini... karena memang kenikmatan rendang sudah terkenal dimana-mana... Hmm, kalo ngebayanginya jadi laper :D

Okey, lanjut. Ciri-ciri makanan selanjutnya ini yaitu masih terbuat dari daging, dan salah satu makanan terlezat yang pernah saya makan. Hayoooo tebaaak :D 
Yap, inilah DENDENG!!! Rasa kriuk-kriuknya itu loh yang ngangenin. Slrrrrpppp....


Dendeng ini sebenarnya dibagi menjadi dua. Yaitu dendeng balado dan dendeng batokok. Nah, jika dendeng balado ini, teksturnya lebih lembut dan kenyal disertai dengan sambal yang luar biasa pedasnya. Kalau untuk dendeng batokok, mempunyai tekstur yang cukup keras namun tidak terlalu, sehingga mempunyai cita rasa yang khas dengan kenikmatan kriuk-kriuknya.

Gimana? Bikin perut bunyi-bunyi ya... Hehehe. Tenang aja, kalian bisa mendapati wujud asli dari makanan ini kok, pergi aja ke rumah makan padang yang ada di kotamu. Dijamin pasti ada :D

Untuk gambar yang terakhir ini mungkin yang paling tidak ada tandingannya. Tidak ada satupun yang mampu menyamainya, karena ia hanya satu dan tak tergantikan. Apakah itu????

 

Yeah! Inilah SOTO PADANG!!! Soto paling nikmat dan lezat. Rugi deh pokoknya yang gak pernah nyobain... Gak bisa dijelaskan dengan kata-kata deh... Hmm... Perpaduan yang ada di dalamnya, ada mie, daging ayam, pregedel kentang, bawang dipadu dengan kuah yang begitu khas membuiat soto padang banyak dicari orang dimanapun ia berada.

Gimana? Kuliner khas padang mantap-mantap kan? Emang, karena padang dan Indonesia mempunyai bermacam-macam rasa makanan yang luar biasa! Incredible! Kuliner Indonesia mantap buanget! Bikin kangen luar biasa kalau gak bisa mencicipinya lagi. Love BANGET!
###

Ini merupakan review beberapa makanan dari asalku (Tanah Minangkabau-Padang). Ayo ikutan juga lomba nge-blog dari daihatsu dengan ketentuan yang bisa kamu lihat disini. Sukses ya... Semoga berhasil. :)

9 komentar:

  1. masakan padang memang tidak ada dua nya,,,,, :)

    BalasHapus
  2. Masakan Padang disukai semua suku..ga kaya masakan JAWA tengah yg manis2 ga jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua masyarakat Jawa Tengah identik dengan masakan manis, mungkin anda hanya mencicipi ke daerah Solo, dan DIY. Tapi ketika anda berkunjung ke daerah pesisir seperti Jepara dll. Anda akan merasakan sesuatu hal yang berbeda, Tidak manis, malah cenderung asin ataupun gurih.

      Hapus
    2. Semuanya tergantung kesenangan masing-masing kok, pasti ada kelebihan dan kekurangan di setiap daerahnya :)

      Hapus
  3. Mengupas kuliner Indonesia tidak ada habisnya, Dans etiap tempat mempunyai keunikan2 tersendiri mulai dari pembuatan, penyajian, dan rasa

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)