23 April 2014

# kontes

Coolgardie safe, pengganti lemari pendingin sederhana

Sumber gambar : disini
Semakin lama bumi kian menunjukkan gelagat tak baiknya. Pemanasan global terus menjadi masalah yang tak kunjung ditemukan solusinya. Setiap hari bumi semakin panas dan manusia seakan tak mau peduli dengan alam yang sudah semakin tua. Seperti yang sering kita dengar bahwa lapisan ozon di bumi semakin hari kian menipis.

Sebelum membahas penyebab serta akibat dari penipisan ozon, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa pengertian ozon itu. Dikutip dari wikipedia, Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. Molekul oksigen (O2) yang dengannya kita bernapas membentuk hampir 20% atmosfer. Pembentukan ozon (O3), molekul triatom oksigen kurang banyak dalam atmosfer di mana kandungannya hanya 1/3.000.000 gas atmosfer.

Selain itu ozon juga merupakan gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru. Sebaliknya, lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.

Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan berakibat dengan munculnya berbagai penyakit serta kerusakan pada manusia, tumbuhan serta alam sekitar. Seperti menjadi penyebab penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida akibat berkurangnya tanaman dan plankton. 

Menurut para ilmuwan, salah satu penyebab menipisnya lapisan ozon karena adanya bahan kimia kloro fluoro karbon (CFC) yang banyak digunakan manusia di bumi. Salah satunya pada lemari pendingin (kulkas). Kulkas disinyalir menjadi kontributor yang paling banyak mengandung bahan kimia CFC. 

Banyak masyarakat kadang tidak memedulikan jenis lemari pendingin yang ingin mereka beli. Tidak peduli apakah lemari tersebut mengandung CFC atau tidak. Tidak peduli bahwa penyebab membeli lemari es tersebut akan turut menjadi faktor yang membahayakan keselamatan bumi.

Disini saya mencoba mencari apa solusi terbaik untuk menggantikan lemari pendingin dengan teknologi lain yang lebih ramah lingkungan. Teknologi yang tidak membuat bumi berada dalam bahaya besar. Setelah searching beberapa kali saya menemukan bahwa ada teknologi yang tepat serta ramah lingkungan bisa menjadi pengganti lemari pendingin.

Adalah Coolgardie Safe yang merupakan temuan yang diadaptasi dari penemu Sir Thomas Livingstone Mitchell. Pada tahun 1890-an Arthur Patrick McCormick menggunakan prinsip yang sama seperti penjelajah  untuk mendinginkan air tas kanvas mereka: ketika tas kanvas basah serat memperluas dan memegang air. Beberapa air merembes keluar dan menguap, terutama jika itu adalah dalam angin, pendingin air yang disimpan. 

Coolgardie Safe (sumber)
Alat ini dinamakan Coolgardie karena ditemukan di kota kecil Coolgardie, Australia. Lemari ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia CFC seperti lemarin pendingin pada umumnya. Selain itu alat-alat yang digunakan juga mudah dicari serta cara pembuatannya yang tidak begitu sulit.

Didapat dari sumber disini, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat teknologi pengganti kulkas ini.

1. Kayu untuk kerangka, 3 rak dan pintu – 28 potong kayu sepanjang 1 m
2. Kawat ram berkualitas baik 7 m x 1 m
3. Kawat ram untuk membuat rak 3 m x 1 m
4. 2 buah engsel dan baut untuk pintu & grendel untuk pintu
5. Kain atau karung  3 m x 1 m
6. Kawat yang kuat untuk menggantung Coolgardie safe di atap – 10 m
7. Nampan besar
8. Palu, paku, gergaji, obeng, meteran, gunting dan peralatan lainnya yang diperlukan.

Cara membuatnya :

1. Buat kerangka untuk Coolgardie safe dengan kayu
2. Tambahkan kayu untuk kerangka rak & kawat untuk rak
3. Tutup erat bagian luar kerangka dengan kawat ram
4. Buat pintu dan tambahkan kawat ram pada pintu, lalu pasang daun pintu
5. Pasang kawat dan gunakan untuk menggantung Coolgardie safe pada atap (sebaiknya di luar ruangan agar selalu terkena angin.

Setelah selesai dibuat, kamu bisa mengujinya dengan mengisi nampan dengan air dan lihat yang terjadi apakah air menjadi dingin atau tidak. Jika dingin, berarti Coolgardie safe kamu berhasil dibuat dan bisa digunakan.

Berikut solusi yang saya baca dari berbagai referensi di internet. Sebagai manusia yang tinggal di bumi, sudah sepatutnya kita turut mencari solusi untuk menyelamatkan bumi dari bahaya. Terlepas dari itu berhasil atau tidak yang jelas kita sudah berusaha untuk mencoba berpartisipasi dalam pencegahan bahaya terhadap bumi yang sudah diprediksi.

http://himatro.ee.unila.ac.id/lomba-menulis-blog/

(*Tulisan ini dikutsertakan dalam Lomba Blog "Teknologi Ramah Lingkungan" Oleh Himatro Universitas Lampung*)

2 komentar:

  1. wah keren sis ulasan nya, salam kenal yah semoga menang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya, salam kenal kembali :)

      Hapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)