19 Mei 2014

Suara.com : Menyuarakan Informasi Terkini

Di era yang sudah serba canggih seperti sekarang ini semua yang bersifat manual sedikit demi sedikit sudah mulai ditinggalkan. Walaupun masih ada beberapa yang masih mempertahankan, tetapi persentase yang tidak sudah dapat menyeimbanginya. Salah satunya budaya membaca berita di koran. Memang masih banyak orang-orang yang masih memperoleh berita melalui media cetak seperti koran, namun melalui media elektronik juga sangat banyak peminatnya.

Maraknya penggunaan internet akhir-akhir ini membuat masyarakat harus mengenal betul mana informasi yang benar-benar berkualitas. Dunia maya banyak menyediakan berbagai situs yang menyajikan berbagai macam informasi atau berita secara cepat. Biasanya berita yang ada di internet lebih cepat keluarnya alias up to date dibanding berita di media cetak. Namun, masih ada beberapa situs yang berlomba-lomba memberikan berita tercepat tanpa memedulikan ke-shahih-an dari isi beritanya.

Saya pernah suatu kali melihat judul suatu berita di internet yang mengundang rasa penasaran ingin segera membuka dan membaca beritanya. Setelah dibuka ternyata isi berita tidak sesuai dengan judul yang sudah dituliskan. Tentu saja saya sebagai pembaca sedikit kecewa. Selain itu juga ada beberapa berita yang digugat oleh narasumber terkait. Narasumber tersebut mengatakan bahwa ia tidak mengucapkan statement seperti yang tertulis, tapi entah mengapa penulis berita membuat hal yang sebenarnya tidak ada.

Lagi-lagi tuntutan rating membuat semua cara dihalalkan, demi meraih jumlah readers yang banyak. Namun dibalik kemelut problema ketidakpercayaan situs berita di internet, ada satu situs berita yang menurut saya sangat berbeda dengan situs kebanyakan. Situs ini memang terbilang cukup baru, namun ia bisa memperlihatkan konsistensinya dalam penyajian berita yang menarik.

Ialah suara.com, sebuah situs berita yang update menyuguhkan berita yang berbeda dari kebanyakan penyuguh lainnya. Di suara.com pembaca begitu dimanjakan dengan tampilan web yang begitu rapi dan sangat menarik. Dengan mengambil template yang simpel dan tidak ribet serta tidak banyaknya iklan yang mengganggu membuat pengunjung terkhususnya saya sangat betah berlama-lama membaca berbagai berita disana.

Tampilan atas situs suara.com
Terlihat seperti gambar diatas, bagian atas dari situs ini sangat membantu pembaca yang ingin memperoleh berita terkini. Adanya sub menu yang diletakkan dibagian atas membuat pengunjung lebih mudah dalam memilih kategori berita yang diinginkan. Selain itu di bawahnya juga ada grafik akhir perolehan suara pemilu yang bagi pembaca yang belum tahu bisa langsung melihatnya. Selanjutnya ada foto-foto dari berbagai jenis berita yang juga membantu pembaca yang ingin segera mengetahuinya.

Bagian tengah suara.com
Selanjutnya bagian tengah suara.com terdapat berita-berita terkini alias berita terhangat pada hari ini dan beberapa kanal berita yang lebih spesifik. Dengan adanya kategori berita terkini pengunjung bisa mengetahui mana berita yang sedang banyak diperbincangkan. Kemudian di bagian paling bawah situs ini ada kategori berita lainnya yang juga sesuai dengan kategori di bagian atas.


Selanjutnya bagian kanan situs ini ada label TERPOPULER, POPULAR TAG, MUST WATCH, dan MUST SEE THIS! Label Terpopuler menunjukkan berbagai macam berita yang paling banyak dibaca. Popular Tag merupakan kumpulan tag yang sedang banyak diperbincangkan. Kemudian Must Watch merupakan kumpulan video yang disarankan oleh suara.com

Label Must See This merupakan berita foto pelengkap dari isi situs berita. Menurut saya, label must watch dan must see this merupakan bagian terunik yang ada di situs ini. Belum banyak situs berita yang mencantumkan label semacam ini, jadi semoga saja tetap terus di update.

Secara keseluruhan suara.com sudah bisa dikategorikan situs berita update yang berkualitas. Untuk beberapa kanal berita saya akan mencoba memberikan masukan semoga bermanfaat.

Kanal Tekno
Yang pertama yaitu kanal Tekno. Karena saya menyukai hal-hal yang berbau teknologi terbaru maka saya juga lebih sering mencari berita yang berkaitan dengan teknologi. Di suara.com berita tekno sangat diatur sedemikian rupa.  Masing-masing berita dikelompokkan berdasarkan jenis berita seperti tentang gadget, internet, sains, dan tekno itu sendiri. Sehingga kita sebagai pengunjung sekaligus pembaca menjadi lebih terbantu dalam menemukan berita yang kita cari.

Di bagian atas terdapat tampilan berita tekno yang paling update dan selanjutnya berita lain yang juga masih hangat. Saya akan mencoba memberi sedikit masukan tentang tampilan kanal Tekno. Pertama, foto-foto yang berjejer horizontal di bagian atas lebih baik dihapus saja. Kedua, bagian popular dan related tag di samping foto tampaknya tidak begitu penting sebaiknya dihapus juga. Mungkin bisa diganti dengan iklan, animasi flash suara.com atau semacamnya. Sehingga tampilan kanal Tekno akan lebih efisien dan tidak terlalu ramai. 

Kemudian ketika membuka satu berita di suatu kanal contohnya di kanal Tekno, sebaiknya di bagian paling bawah yaitu ada related berita dunia terkini sebaiknya dihapus saja. Cukup ada berita terkait lainnya saja, sehingga tidak membuat panjang ke bawahnya.

Untuk isi berita di suara.com menurut saya sangat bermanfaat sekali. Banyak berita tentang teknologi yang belum saya tahu ada disana. Saya menjadi lebih dulu tahu karena membaca berita di situs ini.
Kanal Entertainment
Selanjutnya kanal Entertainment. Sebagai wanita saya tak bisa menyangkal bahwa berita tentang entertainment begitu mengikat. Seperti halnya kebanyakan wanita lainnya saya tak bisa menolak untuk ingin selalu update berita entertainment yang sedang hot. Di suara.com semuanya sudah disajikan dengan rapi dan menarik. Terbukti dengan dikelompokkannya berita entertainment menjadi label film, gosip, dan musik.

Saya yang juga pecinta film menjadi lebih mudah mencari berita yang berkaitan dengan gosip tentang film terbaru. Di kanal enterntainment ini, sama seperti di kanal tekno, sebaiknya foto horizontal, label popular dan related tag juga lebih baik dihilangkan saja. Untuk isi berita sudah top banget dan juga sangat update.

Setelah mengamati desain situs dan isi berita di suara.com, maka menurut saya ada tagline yang cocok dan tepat diberikan, yaitu : 

" Menyuarakan Informasi Terkini"


Karena suara.com merupakan situs informasi digital yang menyuarakan seluruh berita terkini dan terupdate yang pernah saya ketahui. Tidak percaya? Langsung saja ke suara.com!




(*Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba tagline&review dari suara.com)

6 komentar:

  1. menarik juga nih situs Berita nya. penuh gambar

    BalasHapus
  2. Baru tahu situs ini. Sepertinya menarik. Terima kasih informasinya :)

    BalasHapus
  3. Tampilannya bagus... Baru tau saya ada situs itu

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)