3 Desember 2015

# kontes

Mari Bantu Sesama Melalui Program Bulan Dana PMI 2015

Masih jelas dalam ingatan saya, cerita hidup seseorang yang saya dapatkan saat menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di suatu desa terpencil di Provinsi Lampung beberapa bulan lalu. Saat itu saya dan beberapa orang teman sedang berkunjung ke salah satu rumah masyarakat di desa itu. Kami mengunjungi rumah salah seorang wanita yang tinggal seorang diri dengan kondisi rumah yang seadanya. Ibu itu bernama Bu Sutini.

Bu Sutini sangat suka bercerita, ia bercerita banyak tentang kehidupan pribadinya, seperti perihal keluarga dan pekerjaan yang ia lakukan di desa itu. Tak seperti yang dibayangkan, saya terkejut mendengarkan kisah hidup dari seorang Ibu Sutini. Seorang wanita yang tinggal seorang diri tersebut rela mengabdikan dirinya di desa terpencil hanya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan ilmu dan tenaganya. Saat masa mudanya, beliau pernah menjadi seorang bidan di suatu rumah sakit. Baginya membantu orang lain merupakan tanggung jawabnya selama dirinya masih sanggup dan mampu.

Ada untaian pesan dari Bu Sutini yang selalu terngiang di kepalaku sampai saat ini. 

"Jika kamu menolong orang lain, tolonglah dengan ikhlas dan sepenuh hati. Jangan mengharapkan pujian atau bahkan balasan. Bantulah siapapun yang bisa kamu bantu, dengan caramu sendiri. Tidak harus menjadi dokter untuk menyembuhkan orang lain, cukup berikan apa yang kamu punya dari dirimu. Setelah itu kamu akan bisa merasakan apa yang disebut dengan kepuasan batin"

### 
  
Membantu dan menolong orang lain yang membutuhkan merupakan pekerjaan mulia yang dilakukan seorang manusia. Seperti pesan yang disampaikan Bu Sutini, kita tidak harus menjadi seorang dokter untuk dapat menolong orang lain. Jika memiliki penghasilan lebih, kita dapat membantu dengan memberikan sedikit dari apa yang kita dapat. Jika tak lebih pun, kita tetap bisa memberikan bantuan walaupun dengan jumlah nominal yang tidak besar. Menolong orang lain tak hanya diukur dengan seberapa banyak nominal yang kita berikan, namun juga seberapa ikhlas hati kita ketika memberi.

Jadi AYO kita berlomba-lomba membantu orang lain selagi kita mampu!

Bagi yang kebingungan harus memulai dari mana untuk membantu orang lain, PMI (Palang Merah Indonesia) sedang mengadakan program "Bulan Dana PMI" periode 2015/2016. Program ini mengajak kita agar mau membantu, menolong dan peduli pada sesama dengan mendonasikan dana (seberapapun besarnya) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian dana yang terkumpul nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat melalui pelayanan kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI. Tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluaan donor ataupun transfusi darah saja, bantuan dana tersebut juga berguna saat bantuan dapur umum di lapangan saat terjadi bencana ataupun saat pelayanan kesehatan / ambulans.

Selain itu PMI juga akan memberikan berbagai pelayanan lainnya, seperti:
1. Operasional penanggulangan bencana
2. Dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana
3. Pertolongan pertama pada kecelakaan
4. Pembinaan generasi muda dan sukarelawan
5. Pendidikan generasi muda melalui PMR
6. Balai pengobatan masyarakat
7. Pelayanan pemulihan hubungan keluarga
8. Pengolahan air bersih
9. Sosialisasi atau diseminasi kepalangmerahan.
10. Dll...

Trus, gimana caranya untuk ikut serta dalam program bulan dana PMI ini?

Caranya sangat mudah kok. Bagi kamu yang ingin mendonasikan sedikit rezekimu kepada orang lain yang membutuhkan, kamu bisa transfer bantuan melalui bank-bank berikut:
 
1. Bank BCA 
Kantor Cabang Utama Thamrin 
Nomor Rekening : 206-38-1794-5 
a.n PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta. 

2. Bank MANDIRI 
Kantor Cabang Kramat Raya 
Nomor Rekening : 123-00-17091945 
a.n PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta

3. Bank DKI 
Kantor Cabang Utama Juanda 
Nomor Rekening : 101-03-17094-7 
a.n PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Berapun bantuan yang kamu kirimkan, sangat berarti bagi mereka di luar sana. Bayangkan betapa besarnya pahala yang kamu dapatkan dari memberi. Bukankah tangan di atas lebih mulia dibanding tangan di bawah?

Jadi tunggu apalagi? Ayo Peduli Bantu Sesama Melalui Program Bulan Dana PMI! Berikan bantuanmu pada orang lain dengan ikut menjadi bagian dari program ini. Ayo ikut menjadi bagian dari misi sosial ini! Tunjukkan bahwa kita benar-benar peduli!


We care because we are one! Indonesia!


(*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Bulan Dana PMI oleh PMI dan Citizen6)

Sumber :
http://citizen6.liputan6.com/read/2356908/yuk-ikut-lomba-blog-bulan-dana-pmi-berhadiah-total-rp-15-juta
http://jogja.tribunnews.com/2015/10/22/jelang-penutupan-bulan-dana-pmi-2015-dekati-target
http://pmidkijakarta.or.id/ 

1 komentar:

  1. Keren artikelnya, semoga menang ya, amin :-) kunjungan baliknya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/12/inilah-alasan-mengapa-orang-sakit-di.html

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)