25 Februari 2015

# kontes

Tips Mereview yang Baik untuk Mendapatkan Tawaran Job Review

Selamat pagi menjelang siang!

Daripada bengong untuk mengisi waktu kosong alangkah lebih baiknya jika saya menulis. Menulis apa saja, semoga bermanfaat bagi yang membaca. Oke, pada postingan kali ini saya akan menceritakan salah satu bagian dari dunia blogger yaitu tentang 'Job Review'. Sebelum membahas lebih jauh lebih baiknya jika kita tahu apa arti job review itu sendiri.

Job Review itu apa ya?

Mungkin bagi blogger (Sebutan untuk orang yang ngeblog) yang sudah lama berkecimpung di dunia blog sudah tidak asing lagi dengan job review. Job review bisa dikatakan sudah menjadi makanan bagi blogger untuk meraih keuntungan selain dari iklan.

Job review merupakan semacam job/pekerjaan untuk para blogger agar me-review/menjelaskan suatu instansi atau bisa jadi produk, atau apapun itu dengan menggunakan bahasa sendiri. Biasanya pihak yang menawarkan job review akan memberikan materi beserta foto-foto pelengkap yang harus digunakan dalan mereview. Atau bisa saja kita yang harus mencari informasinya sendiri.

Seorang blogger bisa mendapatkan job review didasarkan pada dua keadaan:

1. Mendaftar di situs yang menyediakan layanan job review. Pilihan ini mengharuskan blogger melakukan penawaran job yang dapat diterima pada situs-situs tertentu. Contohnya saja pada situs sponsoredreviews.com

2. Menunggu tawaran langsung dari pihak yang mengadakan job review. Biasanya pihak terkait akan memilih blog yang sudah memiliki viewers yang bagus, kualitas dan reputasi yang bagus pula. Jadi untuk mendapatkan tawaran job review, blogger harus memiliki konsistensi dalam menulis sehingga blog banyak dikunjungi dan mendapatkan viewer yang banyak.

Sebenarnya dari saya sendiri, walaupun sudah hampir 4 tahun ngeblog belum pernah mendapatkan tawan job review. Hanya saja saya sering mendapatkan tawaran lomba review suatu tempat atau produk tertentu. Dari beberapa review yang saya tulis ada satu yang mendapatkan predikat menang. Dari sana saya belajar teknik mereview via blog dengan benar. Berikut beberapa tips mereview versi saya:

1. Jangan textbook.

Biasanya ketika mereview kita akan mendapatkan informasi dari beberapa sumber. Sebaiknya ketika mendapatkan informasi, kita harus membaca dan mengerti dari informasi tersebut. Kemudian setelah itu coba tuliskan informasi tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri. Boleh santai, tapi tetap harus mudah dipahami dan tidak banyak menulis hal-hal yang tidak penting. Suatu tulisan yang menggunakan bahasa sendiri akan jauh berbeda dan jauh menarik dari bahasa formal yang ada di website resminya.

2. Berikan sesuatu yang membuat pembaca penasaran.

Maksudnya disini coba buat suatu ilustrasi bisa berupa tulisan, gambar ataupun video sehingga pembaca akan lebih tertarik untuk meneruskan bacaannya. Saya biasanya menambahkan tulisan berupa percakapan.

3. Konsisten

Konsisten disini berhubungan dengan materi dan tema review yang diberikan. Misalnya diminta mereview sebuah produk sepeda motor yang terbaru, maka bahaslah semua tentang produk termasuk tentang hal-hal belum yang banyak diketahui orang lain.

Untuk  selanjutnya jangan lupa baca lebih teliti syarat dan ketentuan yang diberikan pihak terkait dalam mereview. Jangan sampai kita tidak membacanya.

Inti dari semua tips yang saya berikan ini adalah jangan pernah bosan untuk membaca. Membaca berbagai review yang ditulis orang lain, sehingga kita tahu dan bisa mengembangkan berbagai jenis tulisan dalam mereview dan kembali menuliskannya.

###
Sebelum saya mengakhiri tulisan ini ada beberapa saya pengen curhat sedikit. Akhir-akhir ini kebutuhan keluarga dan perlengkapan keluarga di rumah sudah mulai menghilang. Kenapa menghilang? Ya, karena sekarang saya dan orang tua tinggalnya terpisah. Bapak pindah kerja jadilah Ibu, Bapak dan adek saya juga ikut pindah. Ya, otomatis kebutuhan keluarga dan perlengkapan keluarga di rumah juga ikut dibawa walaupun hanya beberapa saja.

Karena saya senang membeli peralatan via online, jadilah saya searching situs web yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan keluarga terlengkap. Dan akhirnya saya menemukan situs yang tepat dan luar biasa lengkapnya. Mau tahu situs apakah itu?

Ya, dialah bilna.com !!! 
Ayo buka situs ini segera, dan pilih perlengkapan keluarga yang kalian butuhkan!!!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

2 komentar:

  1. kalau text book bahasanya bikin pusing yang baca dan nggak menarik ya.

    BalasHapus
  2. aku pengen banget dpt job review ni,

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)