2 Februari 2015

# kontes

Daihatsu Sirion, Pilihan Tepat Sahabat Muda


It's 2015.
Yap, setiap tahun bertambah perputaran teknologi juga bertambah canggih dan semakin keren. Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan sesuatu yang akan membuat orang lain menoleh padanya. Berdecak kagum dan berkata, "Aku juga ingin memilikinya". Terlebih lagi para anak muda. Mempunyai semangat membara, naluri ingin mencoba segala hal dan senang menghadapi tantangan, membuat para sahabat muda ingin memiliki kendaraan yang tidak hanya sekadar kendaraan biasa namun luar biasa. Untuk itu Daihatsu hadir memenuhi keinginan sahabat muda yang sedang bergejolak. 

Adalah Daihatsu Sirion jenis mobil Hatckback yang paling diminati kawula muda saat ini karena terkenal akan kelincahannya. Mobil city car yang resmi diluncurkan ke Indonesia pada April 2007 ini sangat cocok untuk diajak slalom.

Slalom itu apa ya?

Slalom adalah cara ahli mengendarai mobil dengan meliuk-liukkannya di beberapa tantangan lintasan. Menurut Daihatsu, Slalom dalah balapan adu kecepatan melewati lintasan yang diatur sedemikian rupa menggunakan cone yang berwarna merah dan hijau dan berpatokan dengan waktu. Start slalom dilakukan secara sendiri-sendiri.

Namun tidak semua jenis mobil bisa diajak slalom. Mobil Daihatsu Sirion memiliki kelebihan tidak menggunakan tenaga mesin yang begitu besar, sehingga tidak banyak menggandalkan tenaga mesin. Hal ini tentu menguntungkan, karena mobil yang bisa dikutsertakan dalam slalom hanya mobil yang memiliki sistem penggerak roda depan dan tidak berpangku pada tenaga mesin.

Gimana? Udah mulai tertarik dengan Sirion? 
Jika belum, Yuk simak lebih lanjut tentang Daihatsu Sirion!

Mobil Sirion Sahabat Anak Muda
Daihatsu Sirion adalah mobil dari sektor city car yang memiliki tampilan stylish dan desain sporty. Sirion juga mempunyai beragam warna yang dapat dipilih sahabat muda, seperti hitam, silver, abu, dan ungu. Mobil ini memiliki eksterior yang pas untuk sahabat muda serta desain interior yang bikin nyaman dan betah untuk berada di dalamnya. Agar lebih jelas mari kita bahas tentang spesifikasinya secara rinci.

Segi Eksterior


Sirion memperlihatkan eksterior yang sangat sporty sehingga cocok untuk ditunggangi oleh anak muda. Hal ini terlihat dari bumper bagian depan mobil yang dipasang Sporty Fog Lamp membuatnya terlihat lebih sporty&elegan serta dapat menambah cahaya ketika kabut menghadang. Selain itu Daihatsu Sirion juga mengadopsi Collision Resistant Body untuk membuat bagian bodynya terlihat mengkilap. Dengan menggunakan teknologi TAF, body mobil akan menyerap efek benturan sehingga memberikan keselamatan bagi pengemudi dan penumoang di dalamnya.

Tampilan eksterior menggoda lainnya terlihat pada desain spion yang langsung terintegrasi dengan lampu sen. Selain itu mobil juga dilengkapi dengan sistem sensor parkir, antena atap serta kunci alarm. Kelebihan lainnya terdapat pada bagian belakang mobil yang memiliki lampu belakang lebih panjang dengan kombinasi LED, bumper belakang dan velg allog 14 inci.

WOW banget ya :D

Segi Interior


Beralih menuju tampilan interiornya. Aura mewah dan stylish sudah terpancar ketika melihat bagian dashboard. Bagian tengah dashboard terdapat head unit dengan fitur lengkap seperti Bluetooth, MP3 Player dan USB Function. Untuk Spidometernya menggunakan Optitron Meter Combination dengan lampu birunya yang menampilkan performa mobil dengan jelas. Dengan fitur Multi Information Display (MID) mobil juga dilengkapi dengan informasi mengenai jarak yang dapat ditempuh, konsumsi bahan bakar, dan kecepatan yang ditempuh.

Kelebihan lainnya terdapat pada bagian pengemudi yang memiliki fitur Collapisible Steering Column yang dapat melindungi pengemudi dari benturan setir saat terjadi tabrakan. Nilai lebih mobil Sirion dari mobil city car lainnya terletak pada kapasitas mobil yang mencapai 5 orang penumpang, dua orang di bagian depan dan tiga orang di bagian belakang. Pada bagian belakang penumpang dilengkapi dengan ISO-Fix Seat yang kompatibel dengan Child-Seat. Di bagian tengah interior juga disematkan Shopping Hook dan Bottle Holder. Jangan lupa, di bawah kursi yang berada di samping pengemudi terdapat Under Seat Tray yang berguna untuk meletakkan barang-barang seperti sendal dan sebagainya.

Makin WOW kan? :D

Segi Performa


Daihatsu Sirion memiliki panjang 3690mm, lebar 1655mm, dan tinggi 1545mm sehingga terlihat stabil dan lincah ketika dikendarai di jalanan yang sangat padat. Kelincahan ini didukung oleh kemudi yang dibekali Electronic Power Steering (EPS) sehingga dapar bermanuver dan berkelok-kelok ketika berada di area jalanan. 

Sirion dilengkapi dengan teknologi DOHC (Double Overhead Chamshaft) yang merupakan teknologi suplai bahan bakar yang meletakkan 2 noken as diatas silinder sehingga meningkatkan akurasi dan juga lebih senyap. Dengan adanya teknologi ini mesin lebih bertenaga, suara lebih halus, pembakaran sempurna, dan akselerasi mobil lebih baik. Selanjutnya pada bagian body eksterior terdapat teknologi TAF (Total Advance Function) yang dapat menyerap efek benturan sehingga memberikan keselamatan bagi pengemudi dan penumoang di dalamnya.

Mesin dari Daihatsu Sirion berkapasitas 1300cc sehingga memberikan tenaga yang cukup besar. Teknologi fuel injection juga telah disematkan dalam mobil ini sehingga akan memberikan performa mesin yang mantap namun dengan pembakaran energi yang minimal. Dengan sistem ini penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dan irit. Untuk rem, mobil ini menggunakan rem cakram berventilasi di bagian depan dan rem tromol atau drum di bagian belakang. Sedangkan untuk suspensi, bagian depan menggunakan Mac Pherson Struts dan Torsion Beam di bagian belakang.

Harga

Harga Daihatsu Sirion dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan tipenya yang terdiri dari tipe D dan M beserta transmisi otomatis dan manual. Perbedaannya terletak pada seri D yang tidak dilengkapi dengan package tray dan lampu kabut. Berikut harga menurut tipenya:
Info lebih lanjut kunjungi klik ini.

Spesifikasi Teknis

Daihatsu Sirion memiliki spesifikasi sebagai berikut.

DIMENSI
Panjang keseluruhan (mm) 3690
Lebar keseluruhan (mm) 1665
Tinggi keseluruhan (mm) 1545 Panjang interior (mm) 1855
Lebar interior (mm) 1390
Tinggi interior (mm) 1295
Jarak sumbu roda (mm) 2440
Jarak pijak roda depan (mm) 1455
Jarak pijak roda belakang (mm) 1465
Tinggi dari tanah (mm) 160

BERAT
Berat kosong kendaraan (kg) 930 / 940
Berat total kendaraan (kg) 1305 / 1315

KAPASITAS TEMPAT DUDUK 5 PERFORMA

Radius putar minimum (m) 4,7

MESIN
Tipe K3-VE, DOHC VVT-i
Kapasitas silinder (cc) 1,298
Jumlah silinder 4 silinder segaris
Jumlah katup 16
Diameter x langkah (mm) 72,0 x 79,7
Tenaga maksimum (PS / rpm) 90 / 6000
Torsi maksimum (kg-m / rpm) 11,9 / 4400
Sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection
Bahan bakar Bensin tanpa timbal
Kapasitas tangki bahan bakar (liter) 40

TRANSMISI
Tipe Manual
5 kecepatan maju Otomatis
4 kecepatan maju
Rasio gigi akhir 4,267 / 4,032

SISTEM KEMUDI
Tipe Rack and Pinion dengan Power Steering

REM
Depan Cakram (Disc) berventilasi dengan booster Belakang Drums, Leading, & Trailing Rem parkir Mekanis pada rem belakang

SUSPENSI
Depan MacPherson Struts dengan per keong & stabilizer Belakang Torsion Beam dengan per keong

BAN
175/65 R14 (Aluminium)

Gimana nih, setelah membaca penjelasan panjang lebar ini udah tertarik belum untuk memiliki Daihatsu Sirion? Pastinya udah donk ya. Ayo jangan banyak mikir segera miliki mobil keren ini, buat orang lain kagum dan ingin juga memilikinya. Yang ngerasa gaul maksimal harus punya ini mobil, yaaa.. punya impian boleh kan? Gue aja pengin banget punya mobil ketjeh ini B-)

Daihatsu Sirion! Memang pilihan tepat sahabat muda!

Daihatsu Sirion???
Think Stylish! 

Think Advance&Flexibility! 
Think Reliable!


Sumber:
http://www.daihatsu.co.id/products/highlight/sirion
http://www.semisena.com/1217/spesifikasi-harga-daihatsu-sirion-2014.html
http://mobilkota.com/daihatsu-sirion/

(*Tulisan ini diikutsertakan dalam Sirion Blog Competition yang diselenggarakan oleh Daihatsu Indonesia)

4 komentar:

  1. wah, semoga sukses ya kaks, menang terus besoknya bawa mobil ke kampus :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maacih qaqa, doain celalu yah, biar ntar aku punya mobil sendiri jd gak nebeng lagi wakawaka :v

      Hapus
  2. kak, saya mau nanya. Biasanya kakak ikut lomba blog itu infonya dapet dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari internet, dan dicantumin sumbernya di bawah. Kadang jg dikasih bahannya.

      Hapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)