20 Desember 2018

My Life Journey Rewind 2018

Halo semua. Hari ini tanggal 20 Desember 2018, yang berarti 10 hari lagi akan memasuki tahun baru 2019. Banyak hal yang terjadi di tahun ini, baik itu pencapaian, kegembiraan, maupun kesedihan. Untuk melihat kembali apa saja yang terjadi dalam hidup gue tahun ini, gue akan menulis kilas balik my life journey di tahun 2018. So, check this out!

Awal Tahun

Gue masih inget malam tahun baru gue habiskan di hotel di daerah mesuji Lampung. Karena bokap gue musti dinas di malam tahun baru jadi kita sekeluarga nemenin beliau disana. Sebenarnya kita ga ngelakuin apa-apa disana, cuma menghabiskan waktu bersama keluarga dan sedikit jalan-jalan karena daerah sana masih sunyi jadi gak banyak tempat main yang hitz gitu. But im totally happy can spend time with my beloved family sebelum pergi merantau.

Februari

Gue udah berada di Jakarta memulai perjalanan baru sebagai seorang pengabdi negara di sebuah instansi. Kalo bisa diungkapkan gue itu sedih banget meninggalkan keluarga di lampung. Meninggalkan mami, papi, adek-adek yang lagi lucu-lucunya demi sebuah pekerjaan. Entahlah, kadang gue berpikir sebenarnya apa tujuan gue melakukan ini semua kalau bukan karena kebahagiaan orang tua mungkin gue gak punya semangat untuk menjalani hari baru di ibukota ini.

Masih ingat ketika mereka pulang, gue merasa sepi banget di kamar kosan. Yang biasanya di rumah rame adek kecil giliran di kosan yang sempit gue merasa hampa dan sangat kesepian. Ditambah postingan mami di fesbuk yang bikin gue tambah mewek. Tapi gue berusaha menenangkan diri, bahwa ini baru awal dari sebuah fase baru dalam kehidupan. Sekuat apapun kamu mengelak, masa depan itu akan depan, kamu tidak akan selamanya bersama keluargamu, suatu saat kamu akan bersama dengan keluarga barumu.

Dan di bulan inilah perjalanan baru gue dimulai.


Maret-April

Pada masa ini gue bisa dikatakan belum bekerja. Karena masih di rolling dari satu unit ke unit lain dengan anggota kelompok yang selalu diacak. Istilahnya on the job training. Jadi gue belum ditempatkan di unit asli sesuai sk yang ditetapkan. Masih meraba-raba sebenarnya bagaimana bekerja sebagai seorang pns. Selama masa OJT gue melihat berbagai macam karakter pns ketika bekerja. Dari yang paling rajin sampe yang sampe males banget.

Setelah hampir 40 hari gue berkeliling dari satu unit ke unit lain, tibalah masanya gue akhirnya ditempatkan di unit asli yaitu Direktorat Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian (PSIK). Unit yang baru gue ketahui ternyata lebih ngurusin jaringan, network, server di lingkungan instansi. Sebenarnya awal masuk kita ber-enam ditanya lebih paham di bagian apa, apakah aplikasi, database, atau jaringan. Gue gak bisa ngasih jawaban karena emang gak ada yang benar-benar gue kuasai. Haha.


Jadi pertengahan Maret adalah awal perjalanan gue menjadi CPNS di unit ini, PSIK.

Pada akhir bulan gue liat ada tanggal merah, dan gue sempatkan untuk pulang. Karena rindu ini harus dilampiaskan, jika tidak akan menyakit dalam hati. Recharging on going...

Mei-Juni

Adalah masa dimana reunian menjadi momok kehidupan. Ya di bulan ini bulan penuh berkah kembali datang. Pengalaman pertama menghabiskan bulan ramadhan di kosan tanpa siapa-siapa. Biasanya dulu walaupun jauh dari keluarga masih bisa bareng teman-teman seasrama, tapi kalo di kosan terasa beda, semuanya dilakukan sendiri. Beli makanan sahur ataupun beli makanan buka puasa. Sehingga tak jarang gue berbuka puasa bersama teman-teman, seperti teman smp ataupun sma.

Ada satu hal yang terjadi setelah hampir 9 tahun, gue ikut buka bersama dengan teman SMP alias teman pesantren dulu. Bisa jadi ini momen langka karena dari dulu gue gak pernah sekalipun ikut kumpul bareng, bukannya sombong atau ga mau ikut tapi karena gue merantau di banyak tempat. Misal waktu SMA gue harus di asrama, dan waktu kuliah gue di lampung. Jadi setiap mereka reunian gue gak pernah ikut, kecuali pernah sekali temen SMP gue dateng ke lampung dan dateng ke rumah.

Selain temen SMP, gue juga gak mungkin lupa buka bersama dengan temen SMA. Ya, temen ter ter ter selama ini kayaknya cuma temen SMA hahaha. Tapi ya paling itu itu lagi, yang penting berkualitas ye. wkwk


Bulan ramadhan pergi, gue menghabiskan akhir ramadhan di daerah wangon kampung papi. Dan gue tepar di akhir ramadhan karena mungkin kecapean selama di jakarta, untungnya emang lagi gak sholat jadi bisa gak puasa. Keluarga di kampung sempet minta untuk lebaran disana aja, tapi karena cuti papi yang gak bisa diperpanjang akhirnya kita balik ke lampung, tepatnya lampung tengah rumah dinas yang baru.

Gue abiskan beberapa hari di lampung tengah dengan keluarga besar, ditambah oma opa yang juga lagi di lampung. Gue bersyukur masih bisa berlebaran dengan keluarga lengkap, jadi nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Sehari sebelum libur berakhir gue sempet pulang kampung ke sumbar. Sahabat tercinta is getting married. Gue sempetin dateng ke solok untuk melihat pernikahan doi dan sang suami. Sekalian juga ketemu sama teman-teman SMA yang lain. What a beautiful reunion! And of course new life for my bestie <3

Juli

MY MONTH. HIGHLIGHT OF THE YEAR. Ya ini bulan kelahiran gue. Pada bulan ini, gue habiskan waktu sebulan full di pusbang ciawi untuk mengikuti pelatihan dasar CPNS. Selama disini banyak hal terjadi, seperti bertemu teman baru dan perasaan baru. Hasek. Disini gue bertemu sesosok idaman masa depan yang bikin gue klepek-kelepek selama di kelas. Haha. Berawal dari cara dia berbicara, cara dia bertutur sapa dan cara dia bertanya membuat gue bener-bener kayak abege baru puber, duh rasanya itu sulit diungkapkan.

Pokoknya selama disana pandangan gue gak pernah lepas dari orang itu. Walaupun kenyataannya dia ternyata sudah melabuhkan kapal pada orang lain, gue tetep ga bisa mengabaikannya. Gila, gue benar-benar crazy. Haha. But yeah, bertemu orang yang tepat di waktu yang salah adalah sesuatu yang sangat menyakitkan. But life must go on, so hi there thank you :)

Oya, gue belom bilang kalo ulang tahun gue tahun ini di pusbang. Ceritanya mereka pengen ngasih surprise tapi ternyata salah tanggal hahaha. Gue di kick di grup tanggal 30 ya bingung lah ya ultah gue kan besok kenapa di kick sekarang, eh ternyata mereka salah nginget wkwk tapi gapapa kok yang penting besoknya tetep tiup lilin lagi :D


Agustus-September

Gue kembali ke kantor, kerja lagi dengan rasa yang berbeda. Karena gak sabar nunggu bulan november, ecielaaah. Di bulan agustus apa  yang terjadi? Gue lupa. Hmm, gue jalan-jalan ke kota tua sama kak fitri abis balik dari pusbang. karena rasanya itu beda banget, setelah terbiasa di asrama sebulan trus balik ke kosan lagi.. hmm sepinya sangat berasa. Trus gue sholat idul adha di depan kantor sama teman-teman perantauan yang lain, walaupun gabisa makan ketupat gapapa asal masih ada temen yang bisa diajak makan bareng. Trus sorenya ketemu temen SMA, karena janji traktir dan malemnya ke monas karena ada air mancur menari memeriahkan asian games 2018.

Pertengahan Agustus gue sempatkan untuk balik Lampung. kembali me-recharge energi sebelum menghadapi hari-hari lelah selanjutnya. What a beautiful come back!


Trus bulan september ngantor dan kadang lembur di hari sabtu minggu. Tak lupa di pertengahan kembali ngumpul bareng temen SMA, hmm, ketauan gue gak punya banyak temen ya. Trus di akhir bulan kita berlima CPNS PSIK main bareng ke dufan. Setelah sekian lama, akhirnya gue menginjakkan kaki kembali di dufan. What a good memories there!
 

Di akhir bulan september kabar duka datang bagai halilintar yang menyambar. 30 September pagi mami tiba-tiba menelpon dengan tangisan kencang yang mengabarkan kalo eyang kakung udah gak ada. Gue tiba-tiba lemas dan kehilangan pikiran. Gue gak bisa fokus, dan pagi itu pada saat upacara bendera tangis gue pecah, gue ngerasa berdosa gak bisa dateng kesana. Gue belum bisa ngajuin cuti dan kakung tiba-tiba meninggal. Padahal tahun kemarin masih main bareng di pantai lampung. Sungguh ajal tidak ada yang tahu kapan ia datang. :((( tenang disana ya kakung :(((

Oktober

Di awal bulan ini gue pergi ke Bandung. Menemui keluarga yang abis berbelasungkawa di wangon. Sekalian bertemu dan bercerita tentang bagaimana kakung di saat terakhirnya. Emang beliau setahun belakang ini didiagnosa kanker sama dokter, padahal terakhir ketemu bulan puasa udah membaik ternyata kambuh lagi. Di bandung kita berusaha untuk merasa tidak terjadi apa-apa dan semua baik-baik saja, tapi kenangan itu selalu datang di tempat-tempat tertentu. Misal di suatu rest area, dulu pernah ada kenangan disana sama kakung, dan kesedihan itu muncul kembali. Waktu akan terus berjalan, dan kenangan bersamanya tidak akan pernah terlupakan.


Pertengahan bulan gue diajak ke cirebon-kuningan bareng temen seperjuangan Natural selama di kampus dulu. Kalo yang ngikutin gue dulu pasti tau kalo masa kuliah gue aktif di pers mahasiswa dan menjadi salah satu pimpinan. Ya akhirnya kami bertiga ditemukan kembali di tanah jawa, para pimum-pimus-dan pimlit. Sebenarnya rencana ini dadakan alias sama sekali gak direncanakan. Berhubung kita free minggu depan langung deh gue usulkan untuk jalan-jalan karena kapan lagi kalau bukan sekarang. Karena gue gak suka kalo jalan-jalan terlalu direncakan takutnya gak jadi alias wacana semata. .... dan akhirnya perjalanan ini terjadi. (nanti kalo sempet dan mood gue akan ceritain gimana cerita perjalanan ini :D)


November

Pada bulan ini gue disibukkan dengan agenda mengawas ujian CPNS. Mulai dari jakarta barat hingga jakarta utara, tidur kurang dan musti pulang malam terus. Walaupun kecapean banyak hal baru yang gue dapatkan selama disini. Melihat beberapa dari mereka yang menangis terharu ketika melihat skor yang memenuhi passingrade rasanya juga ikut bersyukur bisa berada disini dengan status sebagai CPNS. Ada beberapa dari mereka yang memiliki kekurangan namun tetap semangat mengikuti ujian, kembali mengingatkan kita untuk selalu bersemangat apapun yang terjadi. Karena masih banyak orang kurang beruntung di luar sana yang terus berjuang menggapai mimpinya. What a hard struggling!


Di akhir bulan gue mengikuti ujian setelah mengikuti pelatihan di bulan juli lalu. Setelah mengerjakan proyek selama 3 bulan dan kemudian diujikan selama 3 hari. Dan akhirnya hari itu datang. Sempet deg-degan tapi gue yakin semua akan berjalan baik. Dan yippie, setelah perjuangan ini, akhirnya gue lulus dengan nilai memuaskan :D 

Di sela kesenangan ini sebenarnya terbersit sedikit kesedihan karena saat terakhir gue melihat dia akan segera tiba. Untungnya di akhir gue sempet memberi selama akhirnya kita lulus, yang juga melambangkan salam perpisahan dari gue. Karena instansi kita berbeda gue gatau kapan lagi akan berjumpa dengan dia, atau mungkin nanti ketika dia udah ngasih undangan, hmm.

Desember

Awal bulan ini gue menginjakkan kaki di tanah serambi mekah, Banda Aceh untuk melaksanakan tugas negara. Perjalanan ini menandakan tugas pertama gue keluar kota sebagai abdi negara. Dan rasanya ini sungguh menyenangkan. Kapan lagi kerja, bisa disambi jalan-jalan dan mendapatkan uang saku. Waw! Gue di aceh selama 3 hari, 2 harinya kerja, 1 harinya jalan-jalan. Untungnya masih sempat ke museum tsunami, museum kapal apung, pantai, gapapa belom ke km 0 lainkali mungkin akan kesana lagi. Aamiin.


Di pertengahan bulan gue ketemu temen kuliah, yang kebetulan dia lagi di Jakarta. Eh besoknya ketemu beberapa dari mereka yang udah lama tak jumpa. Akhirnya kita jalan-jalan di sekita kota tua kayak ke museum bank indonesia. Walaupun cuma bentar tapi trip yang menyenangkan, hahaha. Good to see u again, guys!


Dan sekarang sudah hampir berada di akhir Desember. Jumat nanti gue siap-siap untuk kembali pulang. Setelah di-rewind hidup gue tahun ini benar-benar seperti roller coaster. Ada masa-masa dimana gue ngerasa seneng banget namun ada masa dimana dunia gue berasa runtuh. Di balik itu semua gue tetap merasa bersyukur masih diberikan kesehatan dan dapat menjalani hari-hari sebagai pegawai baru di ibukota.

Masih banyak hal yang ingin gue coba ditahun depan, seperti mengikuti komunitas menulis, seminar IT, les bahasa inggris, dan komunitas sosial. Semoga salah satunya bisa terwujud di tahun depan. 

Terima kasih for beautiful memories in 2018, dan selamat datang tahun baru harapan baru, dan semoga gue dipertemukan sama orang-orang baik di luar sana. Aamiin.

Bye my half 23 year :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)