2 September 2015

KKN Untuk Mahasiswa? Haruskah Dihapuskan?

Mentari semakin meninggi saat aku duduk menghadap perkebunan karet di belakang rumah. Sudah mencapai satu bulan lebih aku berada disini, di suatu desa yang sebelumnya aku tak pernah tau. Desa dengan suhu panas yang ekstrim namun dengan masyarakat yang ramah. Jika ada yang bertanya aku sedang apa disini, jawaban formalnya sedang mengabdi sebagai mahasiswa. Jawaban informalnya? Sedang numpang menetap di rumah orang. Hha.

Sebagai mahasiswa mau gak mau ya harus mengikuti program yang dicanangkan universitas, salah satunya mengikuti program KKN ini atau kepanjangannya Kuliah Kerja Nyata. Hmm, kalo ditanya tentang kegiatan disini aku gak bisa banyak omong, karena pasalnya aku pikir kita sekelompok lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibanding diluar. Kenapa bisa begitu?

Awalnya aku pikir KKN ini bakal sibuk dan gak sempat leha-leha. Tapi ternyata aku salah besar. Menurutku ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dengan diadakannya program ini. Jika pihak universitas berpikir setelah mahasiswa KKN di suatu daerah, daerah itu akan berubah aku rasa itu salah besar. Keterpengaruhan mahasiswa di kalangan masyarakat saat ini bisa dibilang sangat kecil sekali. Mengapa demikian?

Setelah melewati hari-hari selama kurang lebih sebulan di desa orang, aku melihat berbagai macam hal. Orang kampung lebih cenderung mengikuti kegiatan yang diimingi-imingi dengan hadiah. Bukannya bermaksud untuk menjelekkan, tapi faktanya demikian. Kemudian sifat pimpinan yang tidak mau diberi masukan, juga menjadi salah satu hambatan kami (read:mahasiswa) dalam bergerak memperbaiki kampung. Kami menjadi takut dan ragu ketika mengusulkan pendapat karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Bukannya memberikan perubahan, aku rasa, keberadaan mahasiswa di sini menghambat atau bahkan tidak ada perannya sama sekali.

Kalimat ucapan diatas yang sebelumnya aku sebutkan hanya murni pemikiran dariku saja. Jika ada yang tersinggung atau tak terima, aku mohon maaf. Namun, aku rasa program KKN mahasiswa ini harus dipikirkan lebih lanjut kejelasannya. Dengan demikian mahasiswa tidak lontang lantung seperti halnya aku dan kelompokku.

6 komentar:

  1. Aku gak sempat merasakan kkn, karena saat aku uda mulai nyusun skripsi, universitasku baru mencanangkan kembali kkn setelah sekian lama vakum, dan itu utk adik2 stambuk dibawahku

    Menurutku manusia sulit sekali menerima perubahan, apalagi perubahan itu menyangkut kebiasaan yg sudah lama mereka kerjakan. Butuh kesabaran dan bukti nyata untuk dapat merubah mereka, bukan sekedar ngomong doang

    BalasHapus
  2. Hihihi...ngomongin soal KKN itu banyak bgt pembahasannya.
    Tapiiiii, sampai sekarang saya masih berhubungan baik dengan warga di tempat saya KKN. Malah, pas sya nikah atau mereka punya hajat kami sering ke hadir.

    Tergantung sih dek, dulu saya pas KKN sibuk banget. Sampai nggak ada waktu pulang. Dan nggak meluulu warga mau kegiatan kalau ada iming2nya. Ketua saya dulu juga nggak bisa diajak kompromi, saya jalan sendiri dgn teman2 yg mau diajak kompromi. Dan semua berakhir dengan baik. Jangan nunggu komando. Paling tidak selama kita di desa tersebut ada kesan bagi warga.

    Sedih juga pas ada KKN di desa saya aja pada nggak jelas, masak KKN kok buang sampah sembrangan

    BalasHapus
  3. kkn juga kebanyakan program kerjanya gak berhubungan dengan jurusan... jadi ngak ada juga gak papa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali! Saya juga nggak setuju sama KKN terutama karena faktor biaya

      Hapus
  4. saya sendiri masi bingung dengan adanya program KKN ini. tapi kalo sistemnya berjalan dengan benar pasti bermanfaat kok untuk kita semua. karena awalnya dari kita apakah kita ingin maju. atau hanya ikut ikutan doang. sekian.

    BalasHapus
  5. Kkn itu masalah utamanya di biaya sama teman.....susah cari teman barengan bagi saya itu susah....kek cari berlian mahal! Dan saya sangat setuju dengan pernyataan Anda, kl boleh kampus gak usah adakan KKN! Udah efeknya ga banyak, nguras uang dan tenaga

    BalasHapus

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)