20 Desember 2014

# cerita # review

Review Special Thing in 2014

Just how fast the night changes?
It will never change me and you (kutipan lagu 1D-Night Changes)

Malam terus berganti, waktu terus berputar, umur terus bertambah dan tahun akan terus berubah. Tak terasa saat ini kita tengah berada di penghujung tahun 2014. Padahal baru kemarin rasanya gue membuat resolusi di tahun 2014, eh taunya udah mau 2015. Ohmaygod. Dengan seabrek resolusi yang pernah gue tulis rasanya tahun ini merupakan tahun yang fantastis. Banyak hal baru yang gue alami selam tahun ini. Teman, kuliah, dan kesibukan baru yang kini menjadi rutinitas baru bagi gue.

Kali ini gue akan mengkaji lebih hal dan kejadian apa yang gue alami sepanjang tahun ini. Apakah semua resolusi gue tercapai? Atau hanya tinggal sebuah resolusi yang tahu kapan terwujudnya? Ayo kita mulai mengenang!

AWAL tahun diisi dengan liburan kuliah yang begitu lama namun hanya di rumah saja. Gue bisa bilang ini bukan termasuk impian gue alias resolusi yang gue buat matang-matang GAGAl total. Ya, sebenarnya gue sudah mengumbar janji dengan teman-teman SMA kalau gue bakal liburan ke jakarta, namun rencana hanya tinggal kenangan. Begitu gue memberanikan diri untuk meminta izin, keinginan gue langsung di tolak mentah-mentah oleh orang tua. Jujur sakit banget rasanya gak diijininin untuk liburan, karena gue gak terbiasa memohon sesuatu penolakan ini begitu sakit bagi gue.

Mungkin sebagian orang bisa terbiasa terhadap suatu penolakan, tapi gue gak bisa menghadapinya. Alhasil gue hanya bisa nangis dan mengutuk ketidakberdayaan ini. Walaupun awalnya tak rela, lama-kelamaan gue mulai lupa dan membiasakan diri stay at home selama 2 bulan lamanya. You can imagine how bored I was. Tapi gue gak kehilangan akal, gue berpikir liburan gue tidak boleh terbuang dengan percuma. Gue ikutan lomba blog, review, twitter untuk mengisi hari-hari di rumah. Dan alhamdulillah Tuhan bertindak, gue diberikan keajaiban dengan hadiah menang lomba seperti printer, uang, baju, stiker, sampai domain gratis. Dari sanalah gue mulai mencoba peruntungan lain di dunia blogger.

DI bulan pertama, planning gue memang gagal total, namun tidak dengan bulan kedua. Resolusi gue yang menyebutkan ingin memiliki kamera DSLR akhirnya tercapai juga. Tepat pada 14 Februari kamera DSLR Canon 1100D akhirnya dapat gue miliki. Walaupun tidak full 100 persen dari duit sendiri gue sangat senang bokap mau nambahin kurangnya, juga dapet transferan dari oma yang jauh disana. Sungguh gue senang tak terhingga!

BULAN ketiga merupakan awal perkuliahan di semester 4. Ya, tidak berbeda dengan sebelumnya dunia perkuliahan tetap seperti itu. Kadang tidak ada kegiatan, kadang sibuk, kadang sibuk tak terhingga. Di samping itu organisasi yang gue ikuti tetap berjalan seperti biasa. Bedanya ada saat-saat gue harus pergi sendiri untuk mencari pengalaman baru. Kadang gue merasa bosan dengan rutinitas yang tidak berubah. Dan gue memberanikan diri untuk menjalani beberapa hal itu sendirian, seperti ikut seminar dsb. Dengan itu gue bisa mewujudkan resolusi yang pernah gue buat sebelumnya.

BULAN ketiga, keempat, masih sama seperti yang lain tidak ada hal yang begitu berkesan. Menulis tentang keseharian bersama teman, menulis cerita, menulis opini, ataupun mengikuti kontes blog. Walaupun ada beberapa yang tidak berhasil menang, namun semangat blogger gue masih sangat membara waktu itu.

HINGGA datanglah bulan kelima. Bulan yang tidak pernah gue sangka menjadi bulan yang penuh dengan pengalaman baru. Lewat organisasi satu-satunya yang gue ikuti, akhirnya gue menginjakkan kaki pertama kali di kota Medan sendirian. Ya sendirian, walaupun ke Jakarta ditemenin, tetep aja disananya sendirian. Tetapi pengalaman hidup yang gue dapat disana benar-benar luar biasa.

Gue sendirian dari Lampung dan gak kenal siapapun disana. Gue mencoba untuk berbaur dengan yang lain, walaupun kurang bisa se-asik yang lain alhamdulillah gue tetap bisa berkomunikasi layaknya anak-anak yang lain. Dengan tempat asal yang berbeda dan tempat yang baru pertama kalin gue lihat, gue rasa ini pengalaman luar biasa di tahun 2014. Belum lagi adegan di akhir acara, yang bikin gue terharu banget. Baru kenal seminggu, dan mereka begitu mengganggap gue sebagai keluarga. Ah, luar biasa memang, gue sama sekali gak pernah terpikirkan bisa mengikuti acara di luar kota dan bertemu dengan orang baru, tempat baru, dan itu gara-gara organisasi. Ya, gue rasa gue gak nyesel pernah ikut organisasi ini.

BULAN keenam setelah mengikuti acara di Medan, gue langsung cuss ke Jakarta bareng temen-temen angkatan. Ya, gue rasa resolusi untuk kepengen jalan-jalan terkabul di pertengahan tahun ini. Walaupun di Jakartanya sebentar tetep aja namanya jalan-jalan kan? :D

Selain itu di bulan inilah, bulan dimana gue dinobatkan menjadi pimpinan redaksi di organisasi itu. Sebenarnya sempat menyangka sebelum berangkat ke Medan, tapi tetep aja rasanya kayak gak sanggup bisa mengemban amanah berat untuk setahun ke depan (yang ngomong-ngomong tinggal setengah tahun lagi).

BULAN ketujuh merupakan bulan kelahiran gue. Tahun ini genap sudah gue berumur 19 tahun. Banyak orang bilang gue masih muda dibanding teman-teman yang lain. Tapi tetep aja gue merasa udah tua dan sebentar lagi akan kepala dua. OH NO! Di bulan alhamdulillah ramadhan dan idul fitri masih bisa gue jalani bareng keluarga. Walaupun dengan kondisi berjauhan dari bokap, kita tetap bisa merayakan lebaran bersama setelah itu.

Mungkin tahun ini gue memang gak mendapatkan kue ataupun kado dari keluarga. Tapi gue mendapatkan hadiah terindah yang tidak berupa barang ataupun uang. Ya, akhirnya tahun ini keinginan gue untuk melepas rindu dengan teman-teman SMA terlepaskan juga. Gue beserta keluarga akhirnya pulang kampus dan berlebaran disana. Walaupun sebentar banget, alhamdulillah gue bisa kembali melihat kampung dan sekolah yang penuh dengan kenangan itu. Sungguh, hadiah yang tak ternilai rasanya dapat bercengkrama dengan teman yang sudah kamu anggap sebagai saudara. Akhirnya resolusi gue untuk bertemu teman SMA tercapai juga, walaupun diundur beberapa bulan. :D

BULAN kedelapan, sembilan, sepuluh, sebelas hingga dua belas gue habiskan kembali disini, di Bandar Lampung dengan kegiatan kamus, perkuliahan ataupun organisasi. Sekarang gue sudah memasuki semester 5 yang artinya hampir setengah perjalanan menuju tahap akhir. Ya, gak terasa sekarang sudah punya dua generasi adik tingkat. Udah bisa dibilang tua. Sejauh ini gue belum mempunyai masalah akan hal yang menyangkut nilai-nilai kuliah, dan semoga saja seterusnya.

Hanya saja bulan-bulan terakhir di tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Kali ini gue memang cukup disibukkan dengan kegiatan organisasi yang notabene gue pimrednya. Ya, jabatan yang luar biasa di suatu lembaga pers. Ah, sebenarnya bisa dibilang gue gak terlalu mahir di dalam dunia menulis, hanya saja gue suka menulis. Just enough! Semoga aja setengah tahun lagi gue bisa mengemban amanah ini dan menjalankannya sebaik mungkin.

Di samping semua yang telah gue alami sepangjang tahun ini, ada beberapa hal yang membuat gue kecewa dan bersedih. Setengah tahun ini gue menjadi malas untuk menulis di blog. Mungkin karena kesibukan di organisasi, membuat gue gak se-semangat di awal tahun dalam menulis, lihat aja di jumlah entri per bulannya. Hmm, how poor I am.

Selain itu, gue juga belum bisa konsisten dalam menulis. Ya, impian gue untuk bisa menerbitkan buku ataupun cerpen tidak kunjung terjadi hingga ujung tahun ini. Mungkin ini disebabkan karena mood gue yang seringnya anjlok dengan berbagai kesibukan di kampus. Hingga membuat gue mengabaikan resolusi ingin menerbitkan cerpen di percetakan. Dan itu juga berdampak pada resolusi gue yang ingin memiliki penghasilan sendiri, yang tampaknya juga belum kunjung menampakkan jalannya.

Di balik segala pencapaian ataupun kegagalan dari resolusi tahun ini, gue merasa 2014 menjadi tahun terhebat dalam hidup gue. Banyaknya pengalaman baru membuat gue bisa melihat kehidupan lebih luas dan lebih banyak lagi.

"Seseorang tidak akan bisa berkembang jika ia hanya berdiam diri dan tidak melakukan perjalanan"

Semoga tahun depan, lebih banyak pengalaman lagi yang bisa gue dapatkan. Berbagai macam kegiatan ataupun proyek sudah menanti untuk dikerjakan. Semangat menyambut tahun baru, dan juga pastinya resolusi baru!

Happy new year 11 hari lagi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)