9 April 2016

# kontes # review

3 Tips Penting Membuat Merchandise Agar Sesuai Keinginan

Di suatu sore yang cerah terlihat ada perkumpulan yang tengah berdiskusi di samping gedung utama pusat aktivitas perkuliahan berlangsung. Namun pada sore itu aktivitas di kelas sudah dibubarkan hanya menyisakan mahasiswa-mahasiswa yang terlihat mengikuti rapat dari sebuah organisasi. Walaupun suasana kampus sudah mulai sepi, mereka tampaknya masih enggan beranjak pergi sebelum rapat kumpulan itu selesai. Dan gue termasuk di dalamnya. 

Lagi rapat ceritanya...
Ya, gue merupakan salah satu mahasiswa yang menyibukkan diri di luar kelas dengan mengikuti sebuah organisasi. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) lebih tepatnya. Selama tiga tahun mengikuti organisasi ini, banyak hal yang telah gue hadapi di dalamnya. Baik itu situasi tenang ataupun situasi dimana deadline sudah tinggal menghitung jam dan sesuatu yang diharapkan selesai tidak berjalan sesuai rencana. Mendesak, genting, dan panik.

Salah satu kejadian genting yang pernah gue alami terjadi pada sore itu. Di kumpulan tersebut kami (red: anak-anak LPM) tengah mengadakan rapat pleno terakhir sebelum pelatihan desain dihelat minggu depan. Pelatihan ini merupakan program kerja unggulan di LPM gue dan rutin diadakan setiap tahun. Gue yang pada saat itu diamanahkan sebagai Koordinator Divisi HPDD (Humas, Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi) bertanggung jawab penuh terhadap segala hal yang berhubungan dengan HPDD termasuk desain merchandise (seperti pin, stiker, dan gantungan kunci) yang akan dijual.

Namun, pada kenyataannya anggota divisi yang gue amanahkan untuk mendesain merchandise tidak datang dan tidak ada kabarnya. Ketika gue mencoba untuk menelponnya, nomor yang dituju malah tidak aktif. Hari H sudah tinggal menghitung hari tapi desain merchandise belum kunjung ada progress. Gilaa, paniknya luar biasa. Alhasil, karena merasa bertanggung jawab penuh terhadap merchandise ini gue memantapkan diri mengatakan kalau desainnya akan selesai malam ini dan besok siang sudah bisa dibawa ke percetakan. Ya gue akan melakukannya sendiri.

Tenyata pada situasi genting, semua hal seperti berjalan begitu mudah dan cepat. Gue dapat menyelesaikan desain tersebut tepat deadline dan keesokannya siap untuk dicetak. Namun sepertinya masa-masa genting tak berhenti disitu saja. Permasalahan lain baru dimulai. Di percetakan, kualitas bahan stiker yang kami inginkan sedang tidak tersedia dan harga pembuatan pin ternyata jauh dari estimasi budget yang telah direncanakan. Padahal beberapa waktu lalu harganya tidak setinggi itu.

Ahhh! Ini bener-bener gila. Gue harus mutar otak lagi gimana caranya supaya budget yang ada cukup untuk membuat merchandise. Alhasil rencana yang sudah disusun dirombak lagi, stiker yang awalnya menggunakan kualitas bahan terbagus terpaksa diubah menggunakan kualitas standar. Dan jumlah pin yang tadinya akan dibuat banyak diturunkan menjadi setengahnya. Sedangkan gantungan kunci ditiadakan.

Mau gimana lagi? Hari H sudah semakin dekat. Mau gak mau ya harus berani mengambil resiko.

Stiker dengan kualitas seadanya..
Hasilnya, pada hari H merchandise yang kami inginkan memang sudah ada tapi dengan kualitas yang tidak memuaskan. Alias seadanya. Rasanya itu sedikit mengecewakan. Seandainya aja ada tempat buat merchandise yang praktis dan gak bikin ribet?

Berdasarkan pengalaman mengecewakan itu, gue akan memberikan beberapa tips berguna untuk kamu agar dapat mencegah hal serupa terulang kembali.

 "Bagaimana Membuat Merchandise Agar Sesuai dengan Keinginan Walaupun dalam Waktu Mendesak?"

1. Pikirkan desain yang diinginkan dari jauh-jauh hari

Jika kita sendiri tidak tau apa yang kita inginkan bagaimana mungkin orang lain akan tau? Nah, ini nih tips pertama yang sangat penting. Poin ini bagusnya dilakukan dari jauh-jauh hari supaya gak kepepet nantinya. Tiba-tiba aja minggu depan sudah hari H dan desain belum kepikiran? Bisa mumet pala euy... 

Untuk dapat menghasilkan merchandise sesuai dengan keinginan, apapun itu baik undangan, stiker, brosur, baju kaos atau souvenir lainnya, kita harus menyiapkan sebuah desain atau rancangan. Atau jika kurang ahli dalam mendesain, kamu bisa memikirkan garis kasarnya dari sebuah desain tersebut.

2. Persiapkan rencana lain jika terjadi kemungkinan terburuk

Kemungkinan terburuk? Siapa yang tau dan siapa yang mau? Tapi yang namanya possibility (kemungkinan) apapun itu bisa saja terjadi. Kamu harus memikirkan rencana lain jika sewaktu-waktu kemungkinan terburuk itu datang. Tempat percetakan yang direncanakan tutup? atau, Harga merchandise naik? Bisa saja kan? Kamu harus bisa memikirkan jalan keluar lain dan memilih solusi dengan cermat dan teliti. Selain itu adanya estimasi biaya yang tak terduga juga sangat penting untuk dipikirkan. Gak mau kan kalo nanti akhirnya minjem duit?

3. Pesan merchandise di tempat yang terbukti kualitasnya

Nah, sebenarnya ini poin yang paling penting. Dua tips di atas akan mudah dilewati jika kamu memesan merchandise di tempat yang tepat. Jika memesan merchandise di tempat yang tidak terbukti berkualitas akan banyak kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Percaya deh. Jadi pastikan tempat pemesanan merchandise memiliki reputasi yang bagus. Seperti... di custombagus.com.


Lah? Pesan merchandisenya online?

Iya, custombagus hadir untuk memudahkan kita dalam pembuatan dan pemesanan merchandise ataupun souvenir. Custombagus merupakan situs online yang menyediakan merchandise dan souvenir terlengkap yang pernah ada. Dimulai dari kartu nama, brosur, gantungan kunci, stiker, gelas, baju seragam, dan banyak lainnya. Jadi kita hanya tinggal pilih merchandise impian lalu pesan deh. Gampang kan?

Menariknya, kita bisa desain sendiri ataupun memesan merchandise sekaligus minta dibuatkan desain sesuai keinginan. Dengan adanya custombagus kita gak perlu repot-repot lagi keliling kota dari satu percetakan ke percetakan lain untuk melihat bagaimana kualitas merchandise yang dihasilkan. Keren ya?


Tapi gimana cara pesennya?

Baiklah akan gue jelaskan bagaimana mekanisme pemesanan di custombagus.com. Pastikan kamu bacanya sampai bawah ya!

Pertama, akses situs custombagus.com. Kemudian tuliskan atau pilih jenis merchandise yang kamu inginkan. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat secara garis besar ada tujuh jenis merchandise dengan beragam pilihan produk yang tersedia, seperti kategori:
1. Kantor & alat tulis : terdiri dari brosur & katalog, kartu nama, buku agenda, kartu undangan, gantungan kunci, dll.
2. Baju & pakaian : terdiri dari kaos, seragam kerja, jaket, topi, dll.
3. Stiker, pin & patches
4. Rumah tangga : terdiri dari gelas, jam dinding, poster, bantal, dll
5. Aksesoris fashion : terdiri dari tote bag, dompet, wristband, dll.
6. Hobi & unik : terdiri dari USB flashdisk, powerbank, hel, dll.
7. Case & cover : terdiri dari berbagai case dan casing handphone.

Halaman home custombagus
Kedua, pilih jenis merchandise yang ingin dipesan. Misal kamu memilih bagian souvenir stiker. Kemudian akan muncul halaman stiker. Pada bagian atas halaman tersebut terdapat keterangan merchandise/souvenir seperti minimal pemesanan, harga, waktu pengerjaan, dan biaya pengiriman dari souvenir tersebut.

Selanjutnya pada bagian tengah halaman terdapat keterangan pilihan bahan dan pilihan finishing. Pilihan bahan merupakan informasi dan keterangan bahan yang dapat dipilih oleh pemesan. Pada gambar di bawah terlihat jelas beberapa pilihan bahan yang bisa dijadikan acuan pemesan dalam membuat stiker. Pilihan bahan ini tentunya sangat membantu pemesan untuk menentukan bahan apa yang paling terbaik untuk digunakan.

Selain itu juga terdapat informasi lain dari merchandise misalnya pilihan finishing yang merupakan tambahan akhir dari pembuatan stiker. Seperti apakah ingin menambahkan Laminating Doff (laminating tidak mengkilap) ataupun Laminating Glossy (laminating mengkilap) pada sentuhan terkahir pembuatan suatu stiker.

Ketiga, setelah yakin dengan bahan yang dipilih untuk merchandise yang dibuat, kamu dapat menghubungi pihak custombagus dengan mengklik button yang bertuliskan 'Hubungi Kami'. Kemudian akan muncul tiga pilihan via live chat, email, ataupun hotline untuk dapat menghubungi pihak customer service (CS) custombagus. Tapi sangat direkomendasikan untuk menggunakan live chat karena jika sedang online responnya akan sangat cepat.


Saat melakukan chatting pada pihak CS, kamu dapat menanyakan apapun yang masih membuatmu bingung dan tidak paham. Seperti penjelasan tentang informasi bahan, penawaran harga, ataupun informasi ongkos kirim secara lebih detail. Selanjutnya kamu dapat memesan merchandise beserta desain dan bahan yang diinginkan melalui proses chatting ini. Nantinya pihak custombagus akan mengirimkan email penawaran harga terbaik dari merchandise yang telah kamu pilih.

Beneran mudah kan?


Hmm, Tapi kenapa harus di custombagus? Kenapa gak di tempat lain?

Eitsss, jangan salah.. custombagus memiliki banyak keunggulan lho. Karena hanya di custombagus kamu akan memperoleh berbagai keuntungan tiada dua yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.   

Emang apa aja tuh?

1. Kamu dapat memesan merchandise custom sesuai dengan brand, logo, dan desainmu sendiri. Mantap!
2. Jika tidak bisa mendesain dan membutuhkan bantuan dalam hal mendesain, kamu dapat memanfaatkan jasa desain dan konsultasi produk secara gratis alias FREE. Jaman sekarang? Gak mau gratisan? Rugi euy :p
3. Kamu dapat memesan merchandise berupa satuan ataupun lusinan dengan harga yang lebih murah. Ini nih!
4. Kamu akan mendapatkan penawaran harga terbaik alias gak pake mahal. Emang paling top deh, ngerti banget kantong mahasiswa :D
5. Kamu dapat menemukan pilihan terlengkap yang terdiri dari lebih 100 produk merchandise. Aduh senengnya!
6. Kamu dapat memanfaatkan program garansi harga terbaik dan program gratis ongkos kirim se-Indonesia secara berkala. Terbaik dah pokoknye!
 

Jadi buat kamu yang lagi bingung nyari tempat yang keren untuk membuat souvenir ataupun merchandise, udah.. pesannya di custombagus aja. Dijamin hasilnya memuaskan kok. Coba buktikan sendiri kalau gak percaya. Gue mah udah gak meragukan lagi eksistensi custombagus di dunia merchandise/souvenir. Karena memang sudah terkenal dimana-mana. Terkenal berkualitas dengan harga yang bersahabat.


Jadi tunggu apalagi?

Lagi nyari tempat buat merchandise kreatif dan keren?
Di custombagus aja!


Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

(*Tulisan ini diikusertakan dalam Lomba Blog Merchandise/Souvenir Kreatif oleh CustomBagus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada yang mau disampaikan tinggalkan comment ya ^^ Thank you :)